Article

Zaman Dulu, Hidangan Es Cuma Bisa Dinikmati Orang Kaya

Post On 14 Sep 2022

Siapa yang nggak doyan minuman dingin. Apalagi pas cuaca terik, minuman dingin pasti banyak dicari. Bunda mungkin punya kenangan masa kecil betapa menyenangkan membeli aneka minuman es. Mulai dari es mambo, es kocok, es goyang, sampai es podeng yang murah meriah.

Berjalannya waktu, jenis minuman es makin beragam. Sekarang banyak tersedia aneka hidangan dingin. Misalnya saja Pino Es Serut Buah dengan rasa aneka buah yang kaya akan vitamin dan menyegarkan saat menikmatinya apalagi di cuaca yang terik.

Cuma apakah bunda tahu kalau minuman es itu sebenarnya ‘minuman impor’? Betul, minuman es bukanlah produk asli Indonesia, tapi dikenalkan oleh  orang Eropa saat masa penjajahan Belanda sekitar awal abad ke-19. Sedikit singgung sejarah, orang Inggris-lah yang menemukan cara membekukan air menjadi es.

BACA: Cara Nikmati Minuman Dingin Tanpa Was-was Gigi Ngilu

Melalui senyawa amonia, air yang akan dibekukan ditempatkan dalam kotak seng yang dimasukkan dalam wadah lebih besar berisi larutan air garam. Di sinilah air itu mencapai titik beku. Metode ini yang sampai sekarang masih dipakai sama abang-abang penjual es goyang atau es podeng .

Sejarah mencatat hanya orang-orang kaya saja lah yang bisa menikmati minuman dingin dengan es batu pada zaman penjajahan. Ini terbukti dari iklan sebuah surat kabar yang menginformasikan acara perayaan malam Natal pada 24 Desember 1846 di Hotel de Provence Batavia, menyajikan minuman yang ada es batu. Jadi minuman itu hanya tersedia di tempat bergengsi!

BACA: Minuman Olahan Rumahan yang Berkhasiat Bikin Otak Anak Encer

Artinya, minuman dengan es batu adalah barang mewah. Hanya orang berduit saja yang sanggup membelinya. Tak heran bila mereka ini menjadikan aktivitas minum es sebagai kebiasaan sehari-hari untuk menunjukkan status ‘orang elite’! Bahkan muncul kepercayaan bila minuman dingin yang disertai es batu dianggap berkhasiat sebagai obat meredakan sariawan.

Untungnya, sekarang minuman es sudah dapat dinikmati semua kalangan yang dapat dibeli dengan harga terjangkau. Termasuk Pino Es Serut Buah yang memiliki sensasi berbeda dengan Es lainnya yaitu sensasi seru nyerutnya dan segeerrrr es nya . Minuman yang disukai banyak kalangan baik orang tua dan anak-anak, Pino Es Serut Buah juga mudah didapat dan harganya terjangkau.

Pino Es Serut Buah terbuat dari bahan baku berkualitas tinggi tanpa pemanis buatan. Jadinya, menikmati Pino Es Serut Buah tak perlu khawatir bakal jadi batuk.

Jangan lupa untuk mengunjungi Instagram PINO Indonesia, Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM. 

 

 

Share This Article