Article

Yuk Mulai Bangun Tradisi Pillow Talk yang Konsisten Bareng Anak

Post On 02 Sep 2022

Bonding alias keterikatan antara anak dan bunda tidak terbangun dalam semalam. Bonding adalah proses panjang yang mesti dipupuk, dipelihara, dan dikembangkan. Bahkan paling utama, bonding sebenarnya adalah bentuk saling ketergantungan antara bunda dan buah hati.

Dalam perjalanannya, bonding memerlukan syarat tindakan aktif bunda ke si kecil. Tindakan aktif yang dapat bunda lakukan satu di antaranya pillow talk alias ngobrol ngalor-ngidul menjelang si kecil tidur.

Pillow talk adalah momen yang  tepat dan efektif dalam menjalin kedekatan yang erat, baik secara fisik maupun emosional. Di saat bersamaan, aktivitas bareng anak jelang tidur ini dapat bermanfaat pula membuat anak tidur lebih nyenyak.

Ini bukan sekadar klaim saja tapi dikuatkan oleh Hipnoterapis Philip Donegan seperti dilansir Irish Times. Donegan menjelaskan pillow talk membuat aktivitas gelombang otak anak berada pada level di mana pikiran bawah sadarnya lebih terbuka untuk menerima saran.

BACA: Bukan Lamanya Durasi Bareng Anak, tapi Interaksi yang Aktif Kuncinya

Di sinilah bunda dapat menyelipkan pesan positif ke dalam pikiran bawah sadar anak saat pillow talk. Bahkan momen ini juga berguna meningkatkan rasa percaya diri anak. Dia akan merasa disayang, dicintai, dan diperhatikan dengan tulus.

Maka itu, pillow talk menjadi momen yang tepat dan efektif untuk memberikan nasihat. Kenapa? Karena saat itu anak hanya fokus pada perkataan bunda. Hanya perlu digarisbawahi, obrolan selama pillow talk sebaiknya menghindari nada menggurui. Kedepankan kalimat positif sehingga anak dapat menyimak dengan rileks.

Biar bisa langsung dipraktekkan dan mulai tradisi pillow talk yang menyenangkan, yuk bunda terapkan beberapa tips di bawah ini.

1. Obrolkan kejadian seru hari ini

Bukalah tema pillow talk dengan mendengarkan aktivitas si kecil sepanjang hari. Cara ini akan membuat si kecil semangat bercerita sambil mengingat-ingat kejadian yang menarik. Misalnya saja pengalaman si kecil menikmati Pino Es Serut Buah, minuman menyegarkan dengan aneka rasa buah yang dibekukan.

2. Bangun suasana yang nyaman dan damai

Pilihlah penerangan yang redup, jauhkan gadget atau mainan. Dengan begitu anak akan fokus pada bunda. Dia akan banyak menyimak dan akan lebih excited bercerita maupun berbagi khayalan.

BACA: Saatnya Tulari Si Kecil Bangun Kebiasaan Selalu Olahraga Ringan di Pagi Hari

3. Hindari mendominasi obrolan

Pillow talk adalah momen yang disengaja agar lebih dekat dengan anak. Artinya, anak mesti rileks dalam membahas apapun, termasuk hal-hal yang mengganggu hatinya. Bila tradisi ini dilakukan konsisten, anak akan merindukan momen tersebut. Kemudian, si kecil akan menemukan sosok tempat mengadu.

Nah itulah beberapa input agar pillow talk dapat meningkatkan ikatan antara bunda dan anak. Dan yang tak kalah penting, pillow talk juga akan menjadi momen yang akan dikenang selamanya oleh si anak.

Jangan lupa untuk mengunjungi Instagram PINO Indonesia, Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM. 

 

 

 

Share This Article