Article

Yuk, Bantu Buah Hati Konsumsi Permen yang Tepat  

Post On 15 Jul 2021

Sulit membuat anak-anak menjaga jarak dengan makanan manis-manis. Apalagi makanan itu hadir dalam berbagai variasi, mulai dari camilan, es krim, cokelat hingga permen. Memang anak perlu dididik agar tak berlebihan mengkonsumsi, tapi yang paling penting adalah mengajarkan anak memilih produk makanan manis yang tepat.
 
Konteks makanan manis di sini adalah permen. Di pasaran, tersedia permen yang berkualitas dan bermutu baik. Nah, perlu berkomunikasi dengan buah hati agar dapat memilih permen yang tepat. Misalnya dengan memerhatikan bentuk, tekstur hingga kandungan gizinya. Berikut adalah tips memilih permen yang baik untuk anak:
 
A. Reputasi produsen
 
Sebaiknya beli permen dari produsen yang sudah ternama dan terdaftar pada Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI). Pastikan terdapat nomor MD, tanggal kadaluarsa, dan komposisi pada kemasannya. 
 
Pilih permen dengan kemasan rapi, bersih, dan tidak lengket. Sebaiknya tidak membeli permen yang dibuat secara homemade seperti gulali, permen kapas, atau permen buah karena terkadang tidak diketahui dengan jelas bahan bakunya.
 
B. Kemasan
 
Pastikan kemasannya masih bagus, permen masih utuh (tidak mencair atau meleleh). Serta perhatikan waktu tanggal produksi dan waktu kadaluarsanya. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi permen yang telah lulus uji dari BPOM.
 
Baca juga: Moms Perlu ‘Me Time’, Coba Deh Deretan Aktivitas Ini yang Patut Dicoba

C. Kandungan Gizi
 
Dengan memberikan permen yang terbuat dari buah dan atau susu tentu asupan gizi menjadi lebih baik dibanding dengan memberi permen yang hanya berisi gula saja. Permen yang terbuat dari susu dengan tambahan buah bisa dijadikan pilihan.
 
Salah satu permen susu yang layak dikonsumsi adalah permen dan lollipop Milkita. Produk andalan Unifam ini begitu digemari karena rasanya sangat enak. Ada tujuh varian rasa permen Milkita yaitu susu, cokelat, stroberi, melon, jeruk, mangga, dan anggur yang bisa dicoba oleh Unifamers.
 
Permen dan Lolipop Milkita dibuat dengan susu sapi asli dari New Zealand sehingga memiliki segudang kebaikan nutrisi dari susu untuk pertumbuhan anak. Praktis, sangat baik dikonsumsi anak dan seluruh anggota keluarga. 
 
Produk Milkita telah lolos uji halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Selain itu, permen susu Milkita juga terjamin aman untuk dikonsumsi karena memiliki izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
 
D. Timing
 
Strategi terbaik untuk mengendalikan asupan permen (gula) untuk anak adalah dengan memiliki kebijakan di rumah Anda masing-masing. Idealnya, pemberian permen dan makanan/minuman tinggi gula sudah direncanakan kapan akan disajikan, dengan menentukan frekuensi dan jumlah yang boleh dikonsumsi sehingga kesehatan anak tidak akan terganggu.
 
Berikan permen di snack time anak, atau jadikan permen sebagai reward untuk anak. Yang penting untuk diingat, jangan pernah memberikan permen sebelum waktu makan, karena bisa merusak nafsu makan anak.
 
Baca juga: Apa Tindakan yang Perlu Dilakukan Bila Si Kecil Terpapar Virus Covid?  

 

 

Share This Article