Artikel

Ketika Makan, Ingatlah Pesan Hipocrates yang Bilang You Are What You Eat

Post pada 19 Mar 2021

‘You are what you eat’. Itu adalah ungkapan yang dipopulerkan Filsuf Yunani Hipocrates dari pengamatannya betapa banyak orang jatuh sakit lantaran abai dengan apa yang dimakan.
 
Ungkapan itu tetap relevan sampai sekarang. Pola makan yang buruk jelas berdampak pula pada kesehatan. Efeknya pun baru disadari di kemudian hari. 
 
Di luar pola makan, ada empat pilar utama yang harus diperhatikan dalam pemenuhan gizi seimbang, yakni rajin berolahraga, menjaga berat badan normal, mengonsumsi beragam jenis pangan, serta menjalankan prinsip hidup bersih. Apabila dapat memenuhi indeks gizi seimbang, risiko penyakit tidak menular, seperti diabetes, penyakit kardiovaskular, serta kanker, dapat dihindari.
 
Pilar pertama rajin berolahraga. Untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran, seseorang perlu melakukan aktivitas fisik secara teratur, terencana, terstruktur, dan sistematis. Hal tersebut bisa dilakukan dengan jogging ataupun bersepeda. 

Baca juga: Kenalkan Anak untuk Konsumsi Buah Sejak Dini
 
Pilar kedua dengan menjaga berat badan ideal. Ketika program penurunan berat badan yang dilakukan berhasil, langkah selanjutnya adalah mempertahankannya.
 
Ketika berdiet menurunkan berat badan, tentu saja perlu didukung dengan upaya menjaga makanan yang dikonsumsi. Ketika berat badan ideal sudah tercapai, sebaiknya teruskanlah pola makan tersebut. Namun, bukan berarti menyiksa diri dengan asupan kalori yang sangat rendah.
 
Cobalah menerapkan prinsip makan sehat. Sebut saja mengurangi konsumsi makanan yang digoreng, bersantan, berlemak, makanan/minuman manis. Di samping itu, perbanyaklah untuk mengonsumsi buah dan sayuran.
 
Ketiga, mengonsumsi beragam jenis pangan. Mengonsumsi makanan sehat merupakan hal penting agar organ pencernaan berfungsi optimal. Makanlah makanan kaya serat, seperti sayuran, buah-buahan, atau biji-bijian secara teratur. Selain membantu fungsi usus, makanan berserat dapat membantu perkembangbiakan bakteri baik di dalam tubuh.
 
Selain itu bisa mengkombinasikan makananan atau minuman Anda dengan Milkita Kental Manis. Sebab Mikita Kental Manis dibuat dengan susu segar, tinggi vitamin dan tinggi kalsium, membantu menjaga imunitas dan bantu tumbuh kembang karena kandungan kalsiumnya.
 
Milkita Kental Manis juga dapat dikonsumsi untuk segala usia. Anda dapat membeli Milkita Kental Manis di toko terdekat atau lewat situs e-commerce Unifam.
 
Keempat, menjalankan prinsip hidup bersih. Mulai dari mencuci tangan sebelum makan dengan air bersih dan sabun. Serta mempersiapkan dan menyajikan makanan dalam keadaan bersih. Termasuk dalam pola hidup bersih adalah menjalankan pola hidup sehat seperti menghindari konsumsi rokok, alkohol serta hal-hal yang dapat membahayakan kesehatan.
 
Baca juga: Makan Permen Bisa Bikin Gigi Anak Rusak? Ini Faktanya!

 

Bagikan Artikel