Article

Vaksinasi pada Anak Memang Penting, Begitu pun Nutrisi

Post On 30 Nov 2021

Vaksinasi Covid-19 pada anak menjadi penting usai kasus penularan serta kasus kematian pada anak semakin banyak dilaporkan. Sejumlah penelitian terhadap jenis vaksin tertentu yang dilakukan di beberapa negara pun telah membuktikan keamanan dan efektivitas vaksinasi Covid-19 pada anak.
 
Program vaksinasi anak umur 6-11 tahun bertujuan melindungi anak dari virus korona sekaligus juga menekan angka kematian orangtua. Dengan vaksinasi, tubuh akan mendapat antigen yang kemudian menciptakan antibodi untuk pertahanan. Namun selain dengan pemberian vaksin, daya tahan tubuh anak juga perlu diimbangi dengan nutrisi dan gizi. 
 
Belum banyak masyarakat memiliki kesadaran menerapkan pola makan dengan gizi dan nutrisi seimbang. Hal itu ditandai dengan rendahnya konsumsi bahan pangan hewani, sayur, dan buah. Kondisi itu menjadi penyebab utama berbagai masalah gizi di Indonesia.

Baca juga: Genap Empat Dekade, Unifam Luncurkan Buku Kolaborasi Penuh Cinta 

Berikut panduan untuk memiliki gizi yang seimbang di masa pandemi COVID-19:
 
a. Selalu konsumsi sayuran dan buah
 
Makan merupakan sumber energi menghadapi hari. Selain karbohidrat yang didapatkan dari makanan pokok seperti nasi, jagung atau kentang, perlu juga disempurnakan dengan asupan yang mengandung protein dari lauk pauk (telor, ayam, tahu, tempe, dan lain sebagainya). Jangan lupakan tubuh butuh mineral dan serat yang cukup dan itu ada di dalam sayur serta buah-buahan.
 
Sayuran hijau dan ungu mengandung karoten dan baik untuk antioksidan. Sayuran jenis ini membantu tubuh memproduksi sel darah merah, menguatkan sel otak, dan menghambat pertumbuhan sel kanker.
 
Sayuran berwarna merah dipenuhi vitamin A dan E, melindungi pembuluh darah, membantu kesehatan jantung, dan mencegah kanker. Sayuran berwarna putih juga dipenuhi vitamin E, baik tauge, bunga kol, atau sawi putih.
 
Sayuran jenis ini memiliki kalsium dan zat alicin yang membantu mengontrol kadar kolestrol, dan tekanan darah. Sementara sayuran berwarna kuning dan oranye akan meningkatkan kesehatan pada indera penglihatan.
 
Khasiat sebuah buah juga bisa dilihat dari warnanya. Buah warna merah dipenuhi vitamin C dan zat flavonoid yang dapat mengontrol kadar kolestrol serta membantu kesehatan mata. Buah berwarna kuning dan oranye dengan vitamin A dan karoten tak hanya baik untuk penglihatan, tapi juga meningkatkan imunitas tubuh, serta kesehatan hati.
 
Buah berwarna hijau juga bisa meningkatkan imunitas tubuh. Buah-buahan seperti apel, melon, dan lain-lain baik untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Sementara buah berwarna biru atau ungu dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.
 
b. Vitamin A, C, E, dan Zinc
 
Vitamin A ikut memiliki peran dalam mengatur kekebalan tubuh. Kehadiran vitamin A menjaga permukaan kulit dan jarigan pada mulut, usus, dan sistem pernafasan, sehingga memberikan perlindungan terhadap infeksi.
 
Vitamin C merangsang pembentukan antibodi dan kekebalan tubuh. Vitamin E dengan antioksidan di dalamnya menetralkan radikal bebas. Sementara Zinc tidak hanya membantu kekebalan tubuh seperti vitamin C tapi juga berperan dalam penyembuhan luka.
 
Untuk kekebalan tubuh, vitamin B6, Folat, Selenium, dan zat besi juga sangat membantu. Zat besi dan selenium membantu pertumbuhan sel kekebalan tubuh. Sedangkan vitamin B6 dan folat berpengaruh dalam produksi dan aktivitas sel tersebut.
 
c. Kalsium
 
 Kalsium adalah jenis mineral yang berperan penting dalam membuat tubuh berfungsi dengan baik. Dari lahir sampai tua, tubuh akan terus membutuhkan kalsium.
 
Dalam tubuh, kalsium paling banyak ditemukan pada tulang dan gigi. Sebab, keduanya bertindak sebagai tempat penyimpanan kalsium. Nantinya, tulang dan gigi melepaskan kalsium setiap tubuh membutuhkan.
 
Karena fakta menunjukkan bahwa mineral kalsium baik untuk kesehatan, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium. Makakanan dan minuman di bawah ini terbukti kaya akan kalsium. Diantaranya, susu, keju, yogurt, rumpu laut, Kacang-kacangan dan biji-bijian, termasuk almond, hazelnut, wijen.
 
Selain itu ada juga produk kaya kalsium dari PT United Family Food (UNIFAM) Misalnya ada permen  Milkita lolipop yang kaya dengan kandungan kalsium yang tinggi dapat membantu agar anak tumbuh tinggi dan kuat. Kunyah tiga butir permen Lolipop Milkita, kandungan kalorinya setara dengan segelas susu. Selain itu permen Milkita juga aman dikonsumsi setiap hari.
 
Baca juga: Bunda, Pastikan Lindungi Anak Selama Pandemi dengan Masker yang Tepat    
 
Vaksinasi memang turut membantu pencegahan COVID-19, namun tetap nutrisi untuk membantu tubuh melawan virus. Jangan lupa juga mengingatkan tiap anggota keluarga untuk menjaga jarak, mencuci tangan dengan rutin, berolahraga, dan tidur yang cukup.
 
 
 
 

 

Share This Article