Article

Unifam Komitmen Berinovasi Ciptakan Produk Sehat bagi Keluarga Indonesia  

Post On 19 Jul 2021

Mengkonsumsi aneka produk makanan sehat menjadi syarat menjaga tubuh tetap bugar. Faktor inilah yang mendasari PT PT United Family Food (Unifam). Produsen Fast-Moving Consumer Goods (FMCG) ternama ini berkomitmen menghadirkan produk terbaik untuk masyarakat.
 
“Secara produk, strategi Unifam kedepannya sangat serius mengarah pada better for you product,”ujar CEO Unifam Steven Wijaya. 
 
Sebut saja Mie Sehat Lemonilo. Lemonilo adalah mie yang  diproduksi dari 100 persen dari bahan alami, sampai bumbubumbunya pun terbuat dari 100 persen bahan alami. 
 
Mie diproduksi tanpa oksidasi dan tanpa pengawet. Lemonilo adalah mie  yang aman bila dikonsumsi setiap hari. Bila disandingkan dengan mie pinggir jalan, Lemonilo jauh lebih sehat karena terbuat dari bahan-bahan alami yang menyehatkan
 
Produk sehat selanjutnya adalah Milkita kental manis. Meski masuk dalam kategori susu kental manis (SKM), namun Milkita kental manis jauh lebih sehat. Mengapa? karena Milkita kental manis yang terbuat dari susu segar. 
 
Ditambah lagi Milkita kental manis ini memiliki kandungan vitamin dan mineral, tinggi kalsium, dan tinggi fosfor. Maka mereka yang minum Milkita susu kental manis ini mendapat banyak manfaat dapat susunya, sekaligus mendapat vitamin dan mineralnya. 

Pun produk Pino Ice Cup yang dibuat dengan gula asli. Sementara kompetitor Pino Ice Cup membuat produk semacam dari 100 persen pemanis buatan. Bila mau dihitung secara cost, jelas penggunaan pemanis buatan jauh lebih murah (50 persen) dibanding dengan gula asli. 
 
Selanjutnya, produk teranyar dari Unifam berupa snack gabus dinamai Telur Gabus Kata Oma. Ini awalnya adalah produk rumahan yang kemudian beralih ke industri. Kini Kata Oma berhasil menjadi produk snack.
 
Telur Gabus Kata Oma berawal dari telur gabus rumahan yang dibuat oleh Ibu Furiyanti dengan menggunakan resep turunan keluarga. Telur Gabus ini berhasil mendapatkan respon yang sangat positif dari konsumen yang pernah mencobanya, sehingga terus melahirkan permintaan untuk dipasarkan.
 
Baca juga: Yuk, Bantu Buah Hati Konsumsi Permen yang Tepat  

Inovasi Sektor FMCG
 
Industri Fast Moving Consumer Goods (FMCG) di Indonesia dinilai sebagai industri yang menarik dengan nilai penjualan yang besar seiring dengan pertumbuhan golongan menengah di Indonesia.
 
FMCG telah lama dianggap sebagai salah satu faktor pendorong pergerakan ekonomi, dan angka-angkanya menunjukkan potensi yang menjanjikan. Dengan lebih dari  260 juta penduduk dan lebih dari setengahnya berada di usia produktif, tren positif ini diharapkan akan terus berlanjut seiring bertumbuhnya angka pertumbuhan belanja masyarakat. 
 
Menjawab tantangan tersebut, Unifam sebagai industri FMCG di Indonesia terus melakukan pengembangan dan inovasi produk. Divisi R&D di bawah komando Suniarti Pangjaya, VP Research & Development Unifam terus melakukan improving pada produk-produk yang sudah ada. 
 
“Produk inovasi cukup banyak, tapi ada yang berhasil ada yang tidak. Karena banyak faktor,” kata Suniarti.
 
Ia menambahkan salah satu proyek paling besar yang ditangani adalah Milkita. Saat awal produksi, Milkita juga mengalami masa-masa cacat produksi namun berhasil ditingkatkan kualitasnya sehingga berhasil menjadi salah satu permen terbaik yang ada di Indonesia.
 
Sukses meningkatkan kualitas Milkita, Suniarti kembali mengembangkan produk-produk lainnya.Selain bertanggung jawab pada pengembangan produk existing, dan produk-produk baru, Unifam juga terus berinovasi. Salah satu produk inovasi yang cukup berhasil diterima  pasar mancanegara ialah permen kopi — Sukoka Soft Coffee  Candy yang hanya dijual di Amerika dan Vietnam. 

Baca juga: Dukung Herd Immunity, Karyawan Unifam Group Telah Divaksin  
 
 

 

Share This Article