Artikel

Ubah Mindset Langkah Awal Cintai Pekerjaan

Post pada 15 Feb 2021

Sebagian orang kerap dihadapkan pada pekerjaan yang tidak disukai. Situasi ini sering kali dialami karyawan baru fresh graduate. Yang penting bisa kerja dulu daripada nganggur, begitu prinsip mereka.
 
Sejatinya ada beragam penyebab orang merasa tidak mencintai pekerjaannya. Kebosanan, kelelahan dan kesibukan yang tidak mengenal batas juga merupakan alasan yang sering diutarakan. Lebih-lebih atasan yang mengerikan menjadi tantangan terbesar.
 
Namun tahukah sebenarnya bukan pekerjaan yang menjadi masalah, melainkan karena diri dan pikiran atau mindset sendiri.
 
Mindset menentukan bagaimana menyikapi tantangan dan berdampak pada keputusan-keputusan yang dibuat sehingga tentunya menghasilkan dampak positif ataupun negatif dalam hidup. Mindset itu seperti otot, bisa dilatih dan dibentuk.
 
Jika mengalami ini, ada beberapa cara agar dapat mengubah mindset anda agar lebih menikmati pekerjaan. Ada beberapa tips yang bisa didapatkan dari keluarga besar PT United Family Food (Unifam). 
 
Leonhard Alvin, Technical Development Manager & KPO Member Unifam, mengatakan setiap pekerjaan dalam perusahaan pasti mempunyai nilai yang penting. Sehingga jangan hanya mengetahui tanggung jawab pekerjaan saja tapi juga cari tahu mengapa pekerjaan tersebut penting untuk dilakukan.
 
Kedua, kenali dengan siapa anda bekerja. Bila tiap karyawan dapat beradaptasi dan mengenal lingkungan kerja sekitar maka tercipta relasi yang nyaman  saat bekerja
 
"Know when to back up, take a rest and recharge," kata Leonhard.
 
Nugroho Erlangga, Human Capital, Corporate Legal and Industrial Relations Unifam menambahkan dengan mengetahui signifikansi posisi pekerjaan maka tiap karyawan dapat menangkap dan melengkapi kebutuhan perusahaan. Alhasil bila pekerjaan itu selesai dituntaskan maka perusahaan dapat mengapresiasi hasil usaha kita.
 
"Guna mendukung itu kita harus selalu membuat skala prioritas agar pekerjaan menjadi lebih mudah serta terlihat secara visual," kata Nugroho.
 
Ia menambahkan dalam setiap pekerjaan harus dilakukan secara profesional. Ditambah libatkan diri Anda dalam kegiatan di luar kantor dan pekerjaan. Dengan menjalin relasi teman-teman kantor dan sedikit bersenang-senang bersama mereka akan meringankan beban pikiran karena pekerjaan.
 
Setiap pekerjaan pastilah memiliki sisi-sisi yang membuat ketidaknyamanan. Namun, ubah pemikiran Anda. Yakinlah pada diri sendiri bahwa pekerjaan sudah ada di tangan dan ada pemasukan bulanan. Di luar, masih banyak orang yang bersusah-payah mencari pekerjaan atau bahkan justru kehilangan pekerjaan. Jadi, yakinlah bahwa diri sendiri melakukan hal yang positif.
 
Baca juga: Meski Pandemi, Kinerja Karyawan Unifam Tetap Terjaga Maksimal

Bagikan Artikel