Artikel

They Grow Up So Fast, Pastikan Bunda Ciptakan Momen Bersama Anak

Post pada 03 Jan 2023

They grow up so fast! Betul kan bunda betapa anak-anak tumbuh besar sangat cepat. Dalam hitungan tahun lagi, rumah akan terasa sepi tanpa suara teriakan anak-anak. Bahkan ketika mereka tumbuh makin dewasa, barang tentu akan membuat waktu bersama makin sedikit.

Di saat bersamaan, orangtua juga punya kesibukan sendiri yang akhirnya membuat waktu sedikit bersama keluarga. Ini terbukti lewat studi di Amerika Serikat yang mengungkapkan betapa waktu bersama anak itu rata-rata hanya 37 menit sehari.

Kesibukan pekerjaan, rutinitas harian, dan lain sebagainya, membuat waktu bersama anak makin menciut. Padahal, quality time bersama mereka sangat penting. Kemudian dari sini muncul pertanyaan, kira-kira berapa waktu ideal yang dihabiskan bersama anak?

Baru-baru ini ada studi yang melibatkan 2.000 orangtua dan anak usia sekolah mengungkapkan rata-rata waktu yang dihabiskan bersama-sama itu sekitar 2 jam 40 menit. Momen ini kebanyakan ada di akhir pekan dengan mengisi aktivitas menonton bersama.

Durasi itu ternyata tidak termasuk waktu pasif di rumah. Maksudnya, meski seluruh anggota keluarga berkumpul di satu waktu di rumah, tapi interaksi antar anggota sangat minim. Maka itu, durasi 2 jam 40 menit di sini adalah momen ketika seluruh anggota keluarga menghabiskan waktu bersama dengan interaksi yang intim.

BACA: Kebahagiaan Anak Tidak Hanya Diukur dari Ciri-ciri Fisik Saja

Lalu apakah 2 jam 40 menit itu adalah durasi yang ideal? Tentu sangat sulit menjawab dan mengeneralisir. Kembali lagi di sini adalah kepiawaian orangtua dalam membangun keintiman bersama anak.

Orangtua, terutama bunda, mesti pandai dalam menciptakan hubungan yang intim di rumah. bagaimanapun, anak-anak usia sekolah juga punya kesibukan sendiri. Mulai dari sekolah, agenda ekstrakurikuler, jadual les bahasa asing, dan lain-lain. Alhasil, kesibukan mereka tidak bisa disalahkan atas hilangnya waktu bersama di rumah.

Dari situasi ini, sejumlah ahli parenting menyarankan agar keluarga punya waktu liburan bersama. Liburan dipercaya akan membantu melupakan sejenak dari aktivitas harian yang monoton.

BACA: Tidak Ada yang Salah Kok Anak Punya Sifat Pemalu

Tak hanya itu, liburan akan menciptakan kenangan baru yang tetap akan tertanam di memori anak-anak sepanjang hayat. Selain opsi liburan, bunda juga bisa menciptakan momen kebersamaan di rumah lebih seru. Misalnya dengan menghadirkan camilan Pino Es Serut Buah.

Selain kaya akan rasa buah-buahan yang menyegarkan, camilan produksi PT United Family Food ini juga menjadi instrumen mendekatkan bunda dan buah hati. Terlebih lagi, menyantap Pino Es Serut Buah ada proses ritual tersendiri yang unik dan mengesankan.

Jangan lupa untuk mengunjungi Instagram PINO Indonesia, Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM.  


 

Bagikan Artikel