Article

Ternyata Permen sudah Eksis Sejak Zaman Firuan di Masa Mesir Kuno  

Post On 02 Sep 2021

Siapa yang tidak tergiur dengan permen? Dari orang tua hingga anak kecil menggemari permen. Sebab permen mempunyai rasa manis yang selalu menjadi daya tarik.
 
Tapi tahukah anda asal mula permen? Ternyata resep permen sudah tertulis di makam Firaun Tutankhamen dan Ramses yang hidup 40 abad silam.
 
Masa itu permen dibuat dari madu, rempah-rempah ditambah biji-bijian supaya gurih. Ketika Iskandar Agung dari Masedonia menaklukan Persia, 24 abad yang lalu diketahui tentaranya suka mengisap-isap kand. Permen primitif itu adalah tangkai tanaman yang dicelup ke madu dicampur rempah-rempah.
 
Saat itu, permen digunakan dalam berbagai upacara untuk menyembah dewa dan dewi. Permen yang dibuat ketika itu menggunakan madu, buah ara, kacang, kurma, dan rempah-rempah.
 
Di waktu bersamaan, orang Yunani juga membuat manisan dari buah, batang, dan bunga. Sedangkan rasa manisnya diperoleh dari sirup buah ara atau kurma. Di belahan bumi lain, orang Romawi dan China membuat gula-gula dengan madu yang dipanaskan dalam oven. 
 
Ketika Persia menyerang India sekitar tahun 250, alih-alih mencuri resep rahasia permen, kedua negara ini bekerja sama untuk menjual gula merah dan permen sebagai benda mewah. Sayangnya, hal ini berakhir ketika Arab menyerang pada tahun 642. Sejak saat itu, resep rahasia pembuatan gula dan permen tersebar luas.
 
Setelah memasuki Eropa, permen mulai dikenal di Amerika pada awal abad ke-18. Permen yang populer pada masa itu adalah permen batu yang terbuat dari gula kristal. Bisnis permen mengalami perubahan drastis pada 1830-an ketika kemajuan teknologi dan ketersediaan gula mulai melimpah. Peningkatan penjualan didukung dari sektor pekerja dan anak-anak. Permen penny melambangkan transformasi permen ini. Permen penny menjadi barang material pertama yang anak-anak habiskan dengan uang mereka sendiri. 
 
Permen cokelat pertama dibuat oleh Joseph Fry pada tahun 1847 menggunakan cokelat pahit. Cokelat susu pertama kali diperkenalkan pada tahun 1875 oleh Henry Nestle dan Daniel Peter.

Baca juga: Buah Hati Masuk Sekolah Online? Tenang, Coba Simak Lima Tips Ini  
 
Permen seperti yang kita kenal sekarang ini sudah ada sejak abad ke-19. Pembuatan permen telah berkembang pesat dalam seratus tahun terakhir.
 
Di abad ke 20, ada salah satu perusahaan dari Indonesia bernama PT United Family Food (UNIFAM) yang berhasil membuat permen yang mendunia. Dari riset internal perusahaan, terungkap fakta gizi anak-anak Indonesia pada masa itu belum terpenuhi dengan baik. Kemudian ditambah lagi tingkat konsumsi susu yang rendah.
 
Oleh karena itu diproduksilah permen susu bernama Milkita sebagai cemilan sehat. Dengan begitu anak-anak Indonesia dapat tumbuh lebih sehat dan cerdas.
 
Melalui produk ini, UNIFAM berharap anak-anak dapat mencoba permen Milkita sekaligus merasakan manfaat dari susu yang terkandung di dalamnya. Produk andalan UNIFAM ini begitu digemari karena rasanya yang sangat enak dibuat dengan susu asli dari New Zealand dan tinggi kalsium untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Ada empat varian rasa permen Milkita yaitu susu, cokelat, stroberi, dan melon.
 
Hingga kini, Permen Susu Milkita telah menjadi pilihan keluarga Indonesia. Terutama untuk anak-anak yang membutuhkan tambahan nutrisi yang bisa didapatkan dari permen Susu Milkita yang kaya dengan kalsium.
 
Harga permen susu Milkita sangat terjangkau. Selain itu, permen ini dijual di berbagai toko, dan minimarket terdekat dari rumah. Anda pun dapat membelinya langsung via online.
 
Permen susu Milkita dapat direkomendasikan untuk buah hati atau siapa pun yang menyukai permen susu dengan kombinasi manis buah juga baik untuk dikonsumsi setiap hari oleh anak dan seluruh anggota keluarga. Mari mencoba! 
 
Baca juga: Semarakkan Kemerdekaan, UNIFAM Gelar Lomba Agustusan secara Online

Share This Article