Artikel

Terapkan Lima Strategi Ini sebagai Persiapan Anak Masuk Pekan Ujian Online  

Post pada 27 May 2021

Selama pandemi Covid-19, praktis kegiatan belajar mengajar anak didik terpaksa harus dilakukan di rumah masing-masing secara online. Begitu pun dengan ujian dilakukan secara online. Sebagai orang tua, sudah sepatutnya mendampingi  buah hati untuk mempersiapkan ujian online tersebut. Model pendampingannya bagaimana? Coba perhatikan tips di bawah ini.
 
1. Utamakan pemahaman
 

Pastikan buah hati mengerti akan konsep dalam pelajar. Dengan begitu, dia tidak hanya menghafal rumus atau teori karena akan mudah lupa. Dengan memahami konsep yang diajarkan, maka membantu anak ketika menghadapi soal pada ujian sekolah. Orangtua juga dapat memberikan latihan soal tes atau ulangan harian yang sudah pernah dilakukan.
 
2. Bangun kepercayaan diri
 

Ajari anak untuk lebih berani dengan menunjukan bahwa Anda percaya mereka mampu  melampaui ujian, bahkan saat merasa gugup. Menyebarkan perasaan positif merupakan bentuk konkret dukungan mereka untuk meraih sukses.
 
Baca juga: Anak Alami Sindrom Malas Sekolah Usai Libur Panjang, Praktikkan Siasat Ini

3. Berdiskusi tentang pemecahan masalah
 
Ajak anak untuk mendiskusikan tak hanya tentang materi yang akan diujikan tapi juga bagaimana strategi menghadapi ujian. Seperti misalnya mengerjakan hal-hal yang mudah terlebih dulu.
 
4. Berikan Makanan Bergizi
 
Anak Anda akan menghadapi ujian akhir semester. Ia harus meningkatkan konsentrasinya agar materi pelajaran mudah dipahami. Siapkan makanan bergizi sebelum ujian. 
 
Misalnya dengan memberikannya buah yang Mengandung vitamin C, seperti jeruk, tomat, jambu biji, yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh anak. Anda juga bisa memberikannya snack Milkita yang cocok dikonsumsi anak pada saat persiapan ujian.
 
Permen Milkita tersedia banyak rasa (Strawberry, Melon, Cokelat, Mangga, Jeruk dan Anggur) jadi gak bikin bosen anak saat belajar. Milkita candy dan Milkita Lollipop, bukan permen rasa susu tapi permen susu yang dibuat dengan susu asli, sehingga ada kebaikan susu di dalam permen Milkita. Milkita Candy juga tinggi Kalsium dibuat dengan susu dari New Zealand dan paduan yang sempurna antara susu dan buah.
 
5. Beri Anak Istirahat
 
Jangan tekan anak untuk belajar 2 jam non-stop saat besok ujian. Tentu saja, cara belajar yang baik adalah dengan belajar secara rutin, sehingga anak tak perlu memforsir diri saat malam sebelum tes tiba. Beri kesempatan anak untuk beristirahat saat mereka mulai kesulitan berkonsentrasi, entah dengan mendengarkan musik, menonton video pendek lucu, atau hal-hal lain yang bisa menyegarkan kepalanya.
 
Malam sebelum ujian bukanlah waktu belajar tak berkesudahan. Inilah cara kelima membantu anak mempersiapkan ujian.

Baca juga: 6 Pilihan Jajanan Minimarket Terbaik untuk Buah Hati Tersayang

 

 

Bagikan Artikel