Artikel

Susu Bagus untuk Buah Hati, tapi Tetap Ada Batasannya Ya

Post pada 01 Nov 2022

Susu memang kaya akan nutrisi dan baik dikonsumsi anak. Bunda pasti sepakat bila anak yang rutin minum susu dapat menunjang pertumbuhan fisik dan otaknya makin encer. Maklum, susu pasti mengandung kalsium dan vitamin yang benar-benar dibutuhkan buah hati tercinta.

Meski susu punya segudang manfaat, tapi tetap saja ada batasannya. Bagaimanapun, segala sesuatu yang berlebihan itu nggak baik. Setuju kan bunda? Anak boleh saja doyan susu, tapi tetap ketahui takaran yang ideal. Mengapa? Karena anak yang terlalu banyak minum susu berpotensi alami risiko berikut ini.

BACA: Deretan Alasan Kuat Kenapa Bunda Perlu Temui Psikolog Anak

1. Sembelit

Susu enggak mengandung serat. Alhasil, anak yang berlebihan minum susu bakal berpotensi alami sembelit. Biasanya, anak akan emoh makan karena perutnya sudah kekenyangan minum susu. Padahal serat didapat dari makanan seperti sayur maupun buah. Jadi dicek ya bunda. Pastikan buah hati yang masih balita dan prasekolah jangan sampai minum susu lebih dari 700 mililiter per hari.

2. Obesitas dan gizi tak seimbang

Selain sembelit, anak yang terlalu banyak minum susu juga berpotensi alami obesitas. Apalagi susu yang ada tambahan pemanis. Susu juga membuat anak mudah kenyang sehingga tidak berselera untuk makan. Inilah yang dapat menjadi pangkal anak mengalami gizi tak seimbang.

BACA: Benarkah Usia Pra Sekolah Jadi Waktu yang Tepat Belajar Bahasa Asing?

3. Kekurangan zat besi

Kebanyakan minum susu dapat membuat anak kekurangan zat besi. Kenapa? Ya karena susu tidak mengandung zat besi. Bila anak kekurangan zat besi maka dapat mengganggu kemampuannya beraktivitas dan pastinya bikin masalah pada pertumbuhannya.

Tiga risiko itu yang berpotensi dialami buah hati bila terlalu sering minum susu. Dia akan kesulitan mengkonsumsi makanan karena perutnya sudah penuh. Satu hal yang perlu bunda sadari sejak awal, susu merupakan pelengkap asupan gizi bukan sebagai sumber pemenuhan gizi.

Artinya, susu bukanlah pengganti makanan ketika anak nggak mau makan. Maka itu, secara umum kalangan medis selalu menganjurkan anak mengkonsumsi dua gelas atau sekitar 500 mililiter per hari.

Jangan lupa untuk mengunjungi Instagram PINO Indonesia, Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM.   

 


 

Bagikan Artikel