Artikel

Studi Ilmiah Ungkap Konsumen Pilih Permen Susu Milkita karena Kualitas

Post pada 28 Jan 2021

Permen susu Milkita telah menjadi pilihan cemilan masyarakat Indonesia sejak lama. Tentunya untuk menjadi salah satu produk yang banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia, PT United Family Food (Unifam) telah melakukan riset pasar dan juga mengolah produknya dari bahan baku berkualitas tinggi.

Sebenarnya apa sih yang membuat permen susu Milkita menjadi pilihan? Kualitas produk dan harga terjangkau. Dua poin itu yang membuat keputusan konsumen memilih permen susu Milkita. Kesimpulan itu berangkat dari studi ilmiah yang dilakukan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Mukti Fadillah.

Studi berjudul ‘Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Permen Milkita pada PT United Family Food Medan” ini melibatkan 69 responden. 

Studi yang dilakukan di awal tahun 2020 itu melibatkan 69 responden dengan rincian 32 laki-laki dan 37 perempuan. Seluruh responden merupakan konsumen produk permen susu Milkita yang melakukan keputusan pembelian.

Sekitar 95,64 persen responden menyatakan kualitas produk permen milkita sangat baik. Menariknya, sekitar 97,1 persen responden juga menilai produk permen susu Milkita disukai anak-anak. Saat disinggung terkait kehalalan, sebanyak 91,29 persen responden setuju permen susu Milkita sudah berlabel halal. 

Bukan hanya kualitas produk saja yang menjadi keputusan responden mengambil keputusan pembelian permen susu Milkita. Faktor harga juga menjadi pertimbangan. Sekitar 97,09 responden menyebutkan harga produk andalan Unifam itu sangat terjangkau. Sedangkan saat disinggung apakah harga sebanding kualitas produk, sebanyak 98,54 persen responden menyatakan setuju.

Baiknya kualitas produk dan harga yang terjangkau membuat 63 persen responden akan melakukan pembelian berulang atas permen susu Milkita. Keputusan pembelian berulang itu berangkat dari kepuasan responden terhadap produk tersebut yang mencapai 89,85 persen.

Pendek kata, studi ilmiah itu menyimpulkan konsumen sudah mengetahui kualitas produk permen milkita. Kepercayaan konsumen terhadap kualitas produk permen berbahan baku susu sapi segar itu yang mempengaruhi keputusan dalam pembelian. Begitu pun dengan soal harga yang terjangkau juga menjadi poin yang mempengaruhi konsumen memilih permen susu Milkita.

Baca juga: Cara Aman Mengkonsumsi Produk Susu Kental Manis

Bagikan Artikel