Article

Strategi Persiapkan Liburan Natal dan Tahun Baru agar Berkesan Sepanjang Masa

Post On 20 Dec 2021

Liburan natal dan tahun baru telah tiba. Cuma, masih belum ada kepastian juga soal liburan karena tergantung kebijakan pemerintah. Maklumlah, Covid 19 varian Omicron sudah resmi masuk Indonesia. 

Terlepas apapun kebijakan pemerintah,  sebagai warga negara tentu saja mendukung. Toh, tujuannya demi kebaikan bersama. Dengan kekompakkan dan kesadaran bersama, Indonesia bakal lebih cepat mengakhiri pandemi yang berkepanjangan ini.

Oke kembali lagi ke topik liburan natal dan tahun baru. Meski belum pasti, tidak ada salahnya tetap menyusun rencana liburan bareng keluarga. Soal jadi atau tidaknya, itu urusan nanti. 

Terlebih, pergi liburan bareng seluruh keluarga bukan perkara mudah. Semua mesti direncanakan dengan matang. Baiklah, mari dikupas apa saja yang perlu disiapkan.

Baca juga: Meningkatkan Kandungan Kalsium Sejak Dini 

1. Destinasi 

Ini poin penting karena pemilihan tujuan wisata sangat mempengaruhi strategi berikutnya. Sebut saja destinasi ke pantai pasti akan membawa properti yang berbeda bila menentukan liburan ke lokasi pegunungan.

Sebelum memutuskan, ada baiknya berdiskusi dulu dengan seluruh anggota keluarga. Ajak mereka untuk mengutarakan pendapat seputar destinasi yang akan dituju. Setelah itu, bikin konsensus bersama bila sudah menemui kesepakatan.

2. Bikin daftar kebutuhan

Setelah destinasi ditentukan, berikutnya adalah menyusun persiapan kebutuhan selama travelling. Langkah ini dimaksudkan agar tidak kerepotan saat tiba di lokasi. Maka itu penting untuk melakukan riset kecil-kecilan seputar lokasi wisata yang dituju. Dari sini akan mudah menentukan perlengkapan yang tepat selama liburan. Oh ya, jangan lupa obat-obatan dan vitamin dimasukkan dalam daftar.

3. Akomodasi

Akomodasi turut memegang peranan penting dalam menentukan strategi perjalanan. Misalnya jarak tempuh ke lokasi penginapan, rute, atau menyusun daftar lokasi wisata yang hendak dituju agar sesuai ekspektasi.

Mungkin cara mudah adalah dengan menggunakan jasa biro travel. Tapi bila budget tidak memadai, tidak ada salahnya berburu akomodasi melalui situs-situs traveling. Nilai plusnya adalah bisa membandingkan harga yang lebih miring.

4. Packing

Sebelum packing, sebaiknya susun daftar barang yang hendak dibawa. Kemudian pemilihan tas yang tepat. Apakah koper, backpack, atau yang lain. Yang tak kalah penting adalah barang kebutuhan anak. 

Selain perlengkapan pribadi anak, pertimbangkan juga apakah perlu membawa mainan atau barang favorit mereka? Packing yang efektif akan menekan biaya, utamanya bila perjalanan menggunakan moda pesawat udara.

5. Penentuan waktu keberangkatan

Perhatikan dengan seksama waktu keberangkatan. Bila meleset bisa membuat rencana liburan jadi berantakan. Misalnya mengkalkulasi waktu keberangkatan yang tepat bila menggunakan pesawat udara. Atau bila menggunakan kendaraan pribadi, ceklah dengan seksama peta rute perjalanan yang efektif dan terhindar dari kemacetan. 

6. Bekal perjalanan

Jangan abai dengan satu ini. Bekal makanan menjadi penting mengingat melakukan perjalanan jauh menuntut energi yang cukup. Belum lagi bila melalui jalan darat yang memakan waktu berjam-jam. Jangan sampai perut bermasalah gara-gara bekal makanan kurang disiapkan matang.

Selain itu, sangat disarankan juga menyiapkan cemilan yang mudah dikonsumsi secara instan. Contohnya adalah panganan permen susu Milkita. Selain dapat dinikmati dalam tempo singkat, permen susu Milkita yang baru-baru ini menyabet titel Bronze WOW Brand Award 2021 juga kaya akan kandungan gizi. 

Demikianlah tips merencanakan liburan yang nyaman dan aman bareng keluarga. Dengan persiapan yang matang, liburan akan menciptakan momen berharga yang akan dikenang sepanjang masa. Semoga bermanfaat ya!

Baca juga: Catat, Ini Enam Poin yang Dapat Diterapkan demi Tercipta Keluarga Harmonis

Share This Article