Artikel

Steven Wijaya Ingin UNIFAM Jadi Pemain Industri Makanan Berkelas Global

Post pada 30 Sep 2021

Batin Steven Wijaya, CEO PT United Family Food (UNIFAM) terusik saat mengikuti seminar yang menghadirkan penulis buku terkenal Blue Ocean Strategy, Prof. W. Chang Kim. Di akhir seminar Kim bertanya kepada semua peserta. “Bila saya menyebut Korea apa yang muncul dalam otak kalian?”tanya Prof Kim.
 
“Samsung, Hyundai, LG,”jawab peserta spontan. “Jepang?”tanya Prof Kim kembali.
“Honda, Toyota, Sony,”sontak semua peserta menjawab.
 
Terakhir Prof Kim menyebut,”Indonesia?” Seketika semua peserta terdiam, tak satu pun yang menjawab.
 
Rupanya seminar itu memberi kesan yang mendalam bagi Steven. Jiwa mudanya seketika terusik. Mengapa tidak ada produk Indonesia yang berkibar di luar negeri. Kalaupun ada yang sampai berjaya di luar negeri itu pun hanya trading, bukan branding image.

Baca juga: Pembelajaran Tatap Muka Bakal Diberlakukan, Apa yang Sebaiknya Orangtua Ketahui?
 
Dari situ Steven terobsesi untuk menjadikan UNIFAM sebagai pemain industri makanan kelas dunia sebagai perwakilan yang akan membawa nama Indonesia di mancanegara. Cita-cita mulianya ini masuk dalam visi UNIFAM yakni untuk menjadi pemain kelas dunia di industri makanan yang mengutamakan pengalaman konsumen.
 
“Kelak suatu hari entah itu UNIFAM atau produk kita Milkita akan menjadi wakil dari Indonesia, yang membawa nama besar bangsa Indonesia di mancanegara,”ungkap Steven.
 
Tidak lama kemudian, tahun 2012 Steven membentuk UNIFAM Vietnam, yang kini jumlah karyawannya telah mencapai 400 orang. Tahun 2014, Steven kembali mendirikan UNIFAM Filipina dengan total karyawan sekarang (Juli 2020) mencapai 100 orang.
 
Sebelumnya UNIFAM USA (Amerika Serikat) telah dibentuk Steven jauh sebelum dirinya diminta menjadi CEO UNIFAM.
 
“Jadi begitu sih, bisnis domestik harus berkembang tapi juga harus pasang bendera di luar negeri juga. Apalagi di Indonesia ini kan banyak orang bangga bila bekerja di perusahaan multinasional. Itu kan dari luar masuk ke dalam kan? Maka cita-cita saya ingin menjadi multinational company dari Indonesia,”ujar Steven.
 
Saat ini, UNIFAM merupakan salah satu produsen makanan dan minuman asal Indonesia yang memiliki pasar hingga mancanegara. Tercatat, Unifam memiliki cabang di berbagai negara seperti Filipina, Vietnam, USA dan China.
 
Selain itu, produk UNIFAM juga memiliki pasar ekspor ke 20 negara tujuan. Beragam produk Unifam ialah Milkita candy, Super Zuper, Jagoan Neon, Pino, Milkita Susu Kental Manis, Cola Candy, Split, De Fanty, Freshway, Sukoka, Kiko dan Milkita Pasta.
 
Baca juga: Santap Makanan yang Tepat dapat Membantu Ibu Kelola Emosi saat Asuh Anak Lho!

Bagikan Artikel