Artikel

Siasat Supaya Anak Mau Terbuka dengan Orangtua  

Post pada 29 Oct 2021

Tak bisa dimungkiri, komunikasi selalu menjadi kunci hubungan yang harmonis dan awet. Entah itu pada hubungan pertemanan dan tentunya hubungan orangtua dan anak.
 
Seiring bertambahnya usia anak, Moms tidak akan hadir secara fisik dalam setiap aspek kehidupannya. Akan tetapi Moms masih dibutuhkan untuk dukungan emosional anak.
 
Berikut ada beberapa tips supaya anak mau terus terbuka dengan orang tua:
 
Dengarkan

Jika Moms ingin mengetahui apa yang terjadi pada anak dalam kesehariannya, kuncinya adalah terus mendengarkan, kurangi fokus pada hasil atau solusi.
 
Cari Waktu Tepat
 
Orang tua menduga anak berbohong jika anak berbohong belum tentu dia tidak bermoral atau berkarakter jelek. Sering kali anak-anak berbohong karena berharap perkataan mereka dapat jadi kenyataan. Atau mereka takut akan reaksi orang tua sehingga tidak jujur.
 
Sebelum berbicara, pilih waktu dan tempat yang tepat. Jangan bertanya saat anak baru pulang sekolah atau menjelang tidur. Setelah makan malam atau sabtu pagi adalah waktu tepat memulai pembicaraan dengan lebih santai.
 
Tulis catatan
 
Bila anak sulit untuk berkomunikasi secara verbal maka Moms bisa meminta anak agar menulis catatan untuk dibaca, baik segera setelah dia menulis atau setelah dia tidur. Bila anak belum siap berbicara, biarkan anak dan beri tahu Anda siap mendengarkannya kapan saja.
 
Jangan Terlihat Cemas
 
Jika orang tua cemas berlebihan akan situasi  atau masalah anak akan ikut cemas. Anak bisa menjadi cemas ketika melihat orang tuanya bertengkar, sedih melihat orang tuanya sakit.
 
Ketika mengalami kecemasan, anak akan sering terlihat murung, tidak bersemangat sehingga terkesan malas. Anak juga lebih emosional, sulit tidur atau bahkan tidur terus, pola makan terganggu, menarik diri, serta kehilangan minat atas aktivitas yang biasanya disenangi.
 
Untuk itu Moms juga harus siapkan diri secara fisik dan emosi agar ketika anak terbuka maka Moms sudah siap untuk berkomunikasi.

Baca juga: Ciptakan Lingkungan Kerja Inspiratif, UNIFAM Raih Stellar Workplace Award

Untuk membuka pintu komunikasi dengan anak, Moms juga bisa mengajak anak mengobrol makan cemilan lho. Contohnya adalah salah satu cemilan dari PT United Family Food (UNIFAM) yakni Milkita Candy yang bisa jadi pilihan menarik untuk Moms cobain sambil mengajak obrol anak. 

Menjatuhkan pilihan pada permen susu Milkita merupakan keputusan yang baik dan tepat karena Milkita Candy dibuat dengan susu asli, tinggi kalsium untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi. 

Produk andalan UNIFAM ini begitu digemari karena rasanya yang sangat enak. Ada empat varian rasa permen Milkita yaitu susu, cokelat, stroberi, dan melon. 

Terbuat dari bahan-bahan pilihan terbaik Tinggi Kalsium untuk membantu perkembangan tulang dan gigi “7 butir Milkita Candy memiliki kalori setara dengan segelas susu” sehingga mampu menambah energi. 

Baca juga: Menjaga Masa Depan Lewat UNIFAM Future Leaders
 

Bagikan Artikel