Article

Siasat Simpel Balik Semangat Produktif Lagi Usai Liburan Panjang Lebaran

Post On 10 May 2022

Ayo ngacung siapa yang kena Post Vacation Blues? Istilah ini merujuk pada rasa malas yang sangat gara-gara harus balik ke rutinitas usai libur panjang. Biasanya, gejala yang muncul yakni merasa kelelahan, malas, nafsu makan hilang, atau kalau parah bisa memicu depresi.

Post Vacation Blues sebenarnya lumrah. Lagi pula sindrom ini akan hilang dalam hitungan hari. Cuma butuh syarat biar cepat hilang. Misalnya tunda dulu mengecek foto-foto liburan atau bengong mengingat-ingat apa saja yang dilakukan selama liburan.

Sindrom yang biasa dialami usai liburan panjang ini bakal berpengaruh terhadap semangat kerja. Apalagi bagi bunda yang berstatus ‘pekerja’ alias wanita karir. Sindrom ini enggak menetap lama-lama, cobalah mengaplikasikan beberapa kiat di bawah ini.

1. Pelan-pelan saja

Mirip lagu Band Kotak ya, Pelan-pelan Saja. Judul lagu ini bisa diterapkan usai liburan. Beri waktu jeda satu atau dua hari sebelum bekerja. Biarkan tubuh merasakan rasa santai dulu sehingga dapat beradaptasi saat mulai ngantor lagi. Tak perlu merasa bersalah bila ingin istirahat lagi.

2. Simpan foto liburan dan beberes rumah

Dokumen foto-foto selama liburan ada baiknya segera disimpan. Jangan sampai foto-foto itu bikin susah move on. Sempatkan juga beberes rumah. Rumah yang rapi dan kinclong turut berkontribusi pada suasana hati yang nyaman.

BACA: ??Mumpung Suasana Lebaran, Momen Tepat Berbagi Makna Bersyukur ke Buah Hati

3. Luangkan waktu relaksasi

Memaksakan diri untuk kembali bekerja sesegera mungkin bukan solusi yang tepat. Tak usah buru-buru, luangkan waktu me time. Tak perlu memikirkan terlalu jauh, cukup di rumah saja. Misalnya dengan berkumpul dulu bareng keluarga atau melakukan hobi yang disukai.

Bisa juga menikmati cemilan yang segar seperti Pino Ice Cup. Minuman ini bisa dinikmati bareng keluarga karena rasa buah-buahan yang menyegarkan. Lagi pula, minuman ini menggunakan gula asli sehingga tidak akan menimbulkan batuk.

4. Bikin rencana liburan berikutnya

Tidak ada yang salah kalau selepas liburan bikin rencana liburan selanjutnya. Toh, bagian yang paling menyenangkan justru saat merencanakan liburan. Kapan dan tujuan liburan berikutnya bisa menyenangkan mood. Ini sudah terbukti secara ilmiah lewat studi The Journal Research in Quality life. Menurut studi itu, merencanakan liburan akan membuat Bunda bahagia!

BACA: Benefit Mudik Tak Sekadar Merawat Kenangan Masa Kecil, Apa yang Lain?

5. Enjoy dengan rutinitas sederhana

Cobalah menikmati rutinitas sederhana di rumah. Minum kopi di pagi hari atau membuat sarapan. Bila perlu ucapkan mantra saat bercermin,’aku adalah ibu andalan keluarga’. Siapa tahu, mantra simpel ini akan membuat transisi kembali kehidupan nyata terasa menyenangkan.

Mudah bukan untuk melenyapkan Post Vacation Blues usai liburan panjang masa lebaran. Meski sedih karena liburan berakhir, tapi yakinkanlah pada diri sendiri akan selalu ada liburan di kemudian hari.

Jangan lupa untuk mengunjungi Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM.


 

 

 

 

 

 

 

Share This Article