Artikel

Siasat Simpel agar Anak Tak Berulah Begitu Diajak Belanja ke Supermarket

Post pada 20 Jun 2022

Belanja bulanan ke supermarket kadang bikin pusing. Sumber pusing bukan hanya lihat banderol harga yang tetiba naik tanpa permisi, tapi juga menentukan apakah mengajak anak atau meninggalkan di rumah. Polah anak yang aktif dan seringkali sulit dikendalikan jadi problematika tersendiri bila diajak belanja.

Meski begitu, tetap saja ada rasa tak tega bila meninggalkan buah hati di rumah. Opsi menitipkan di daycare juga bukan solusi. Pasti ada biaya lagi dong. Artinya, mengajak serta anak belanja sebenarnya suatu keputusan yang tepat.

Biar tak berulah dan sulit dikendalikan saat anak ada di lokasi perbelanjaan, coba yuk pelajari trik-trik di bawah ini.

1. Pilihan waktu yang tepat

Anak akan berulah bila merasa bosan, lapar, dan lelah. Biar tidak merasakan hal itu, cobalah menetapkan jadual berbelanja sesuai dengan jadual si anak. Biar lebih nyaman lagi, sebaiknya perut anak sudah terisi sebelum berangkat ke supermarket atau lokasi belanja.

2. Bawa snack

Makanan ringan dapat mengalihkan perhatian si kecil. Tak ada salahnya membawa bekal makanan ringan berupa buah yang sudah dipotong-potong. Atau kalau mau praktis, dapat pula membawa Pino Es Serut Buah yang sudah dibekukan di kulkas. Biar tak lekas mencair, simpan Pino Es Serut Buah dalam cooler box.

BACA: Miliki Segudang Manfaat, Ini Trik Buah Hati Gemari Sayuran dan Buah

3. Hindari tempat permainan

Lazimnya, supermarket menyediakan lokasi khusus untuk anak yang penuh dengan wahana permainan. Sebaiknya hindari itu karena akan membuat betah anak sehingga sulit dibujuk untuk keluar dari lokasi itu.

4. Responsif

Hindari sikap acuh tak acuh bila anak sudah mulai menunjukkan ekspresi lelah atau bosan. Segera ajak berinteraksi. Bila gagal, langsung ambil tindakan cepat dengan segera ke meja kasir atau menunda belanja sejenak sambil menunggu si anak tenang.

5. Bantu si kecil susun daftar belanjaan

Sebelum berangkat, bantulah si kecil menyusun daftar belanjaan. Misalnya saja alat menggambar dan pensil warna. Bisa pula daftar camilan kesukaan dia seperti Pino Es Serut Buah, Kiko, permen susu Milkita, dan sejenisnya. Biarkan dia memilih sendiri produk-produk itu di rak.

BACA: Latih Anak Belajar Bertanggung Jawab dengan Akui Ruang Privasinya

6. Beri apresiasi

Berilah pujian dan apresiasi bila si kecil bersikap baik selama belanja. Hindari pujian dengan cara berbisik. Sebutkan dengan lantang dan bila perlu berilah hadiah seperti camilan favoritnya macam Pino Es Serut Buah. Ini akan membuat dia paham dengan mudah.

Setidaknya itu beberapa tips yang dapat diaplikasikan saat mengajak anak belanja ke supermarket. Lagi pula ini sekadar berbagi saja, toh tidak ada rumus baku mana yang paling tepat. Bunda pasti sudah punya siasat sendiri yang relevan dengan buah hati. Hanya stau hal utama, kedepankan suasana bila belanja itu adalah aktivitas yang menyenangkan bagi bunda dan si kecil.

Jangan lupa untuk mengunjungi Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM. 

 

 


 

Bagikan Artikel