Artikel

Puasa Bareng Anak? Ini Pilihan Aktivitas Seru Jelang Berbuka

Post pada 24 Mar 2023

Jangankan bunda, rasa lemas saat berpuasa juga dirasakan si kecil. Ini wajar kok mengingat si kecil dan bunda tidak makan dan minum dalam kurun waktu tertentu. Kondisi ini terjadi karena tubuh lagi beradaptasi dari penurunan kadar gula darah yang membuat seseorang menjadi lemas.

Tapi bukan berarti membiarkan si kecil menghabiskan waktu menahan lapar dan haus sendirian saja. Atau memberi saran agar banyak beristirahat sampai menunggu waktu berbuka puasa. Sebaliknya, bunda bergerak aktif membangun hubungan lebih intim lagi dengan si kecil.

Ada banyak kegiatan seru yang dapat bunda lakukan bersama anak selama menunggu waktu berbuka. Yuk dicek di bawah ini.

1. Bercengkrama santai

Bercengkrama adalah cara paling mudah menghabiskan waktu bareng si kecil saat berpuasa. Kegiatan ini tidak langsung membuat bunda dan si kecil bergerak secara aktif. Coba deh tidur-tiduran di kamar atau leyeh-leyehan di sofa bareng anak. Terus ajak si kecil bercerita banyak hal dan tanggapi ceritanya dengan berbagai reaksi. Kadang serius, lain kali tunjukkan kejenakaan. Seru bukan!

2. Dekor kamar

Ketika lagi asyik ngobrol, kenapa tidak ajak si kecil mendekor kamar. Tak perlu ekstrem-ekstrem sampai mengecat segala. Cukup bikin hiasan atau mengubah posisi tempat tidur. Bisa juga ambil opsi membersihkan kamar bersama. Kegiatan ini dapat membuat bunda dan anak bisa lupa waktu. Tahu-tahu mau masuk waktu berbuka!

3. Berbagi menu berbuka ke tetangga

Bulan puasa adalah momen palingĀ  tepat mendidik anak punya jiwa sosial yang tinggi. Satu di antaranya dengan melibatkan si kecil dalam kegiatan sosial yang sederhana. Contohnya adalah memberi hadiah atau menu berbuka puasa kepada tetangga sekitar rumah.

Misalnya dengan ikut mengantarkan Pino Es Serut Buah yang sudah dibekukan terlebih dulu ke tetangga. Selain praktis, Pino Es Serut Buah juga dapat dinikmati semua kalangan karena rasa yang menyegarkan dan kaya akan vitamin.

4. Libatkan anak dalam beramal

Jangan lupakan untuk melibatkan anak dalam kegiatan amal. Tidak perlu seideal mengunjungi panti asuhan atau membuat kegiatan bakti sosial. Cukup dengan menyisihkan tabungan untuk anak yatim di sekeliling rumah, si kecil sudah menunjukkan empati yang tinggi. Bisa pula ajak si kecil membeli sembako untuk kemudian dibagikan kepada yang membutuhkan.

5. Lomba tebak-tebakan

Ini juga kegiatan yang tak kalah seru bareng si kecil saat berpuasa. Tinggal bunda mengumpulkan bahan dulu. Misalnya tebak-tebakan tentang kisah para nabi, bacaan Al Quran, dan lain sebagainya. Di samping seru, kegiatan ini juga melatih si kecil belajar agama dan mengaji dengan cara yang menyenangkan.

Banyak bukan pilihan aktivitas yang menyenangkan bareng si kecil saat berpuasa? Tidak seperti yang ditulis di atas, bunda boleh kok punya cara kreatif lain. Selamat berpuasa ya bunda!

Kunjungi lapak official Unifam untuk mendapatkan Pino Es Serut Buah diĀ ShopeeĀ danĀ Tokopedia.

Bagikan Artikel