Artikel

Pilihan Oleh-oleh untuk Mudik Lebaran Bisa Wakili Citra Personal Kita Lho!

Post pada 26 Apr 2022

Mudik dan oleh-oleh itu satu kesatuan. Nyaris kurang afdol kalau mudik tanpa bawa buah tangan. Bagaimana pun, mudik bukan sekadar melepas rindu dengan keluarga di kampung halaman, tapi juga berbagi kegembiraan melalui oleh-oleh.

Oleh-oleh sendiri adalah sesuatu yang dibawa atau diberikan ketika mengunjungi seseorang. Lagi pula, sudah menjadi ciri khas orang Indonesia yang merasa puas bila berkunjung sambil membawakan sesuatu.

BACA: ??Agar Mudik Bersama Anak Lebih Menyenangkan Tanpa Kerepotan

Maka itu, memberikan oleh-oleh sudah seperti tradisi yang membudaya. Selain sebagai bentuk perhatian, pemberian oleh-oleh juga mewakili citra personal pemberinya. Nah, biar tradisi pemberian oleh-oleh itu dapat meninggalkan kesan yang baik, yuk coba ikuti tipsnya di bawah ini.

1. Hitung budget

Hitung dulu budget yang dialokasikan untuk oleh-oleh. Dengan dana sekian itu, kira-kira bisa menebus berapa banyak oleh-oleh. Oh ya, jangan lupa pisahkan budget untuk beli oleh-oleh yang dibawa ke kampung halaman sama yang akan dibawa balik ke kota. Jangan sampai boncos gara-gara salah perhitungan.

2. Target penerima oleh-oleh

Kepada siapa oleh-oleh ini diberikan? Pertanyaan ini menjadi dasar dalam memilih oleh-oleh yang tepat. Contohnya, memilih oleh-oleh berupa permen susu Milkita Lollipop maupun Milkita Candy untuk keponakan yang masih kecil-kecil.

Selain bikin mereka senang, pemberian oleh-oleh berupa permen susu Milkita dapat menjadi pesan pentingnya memilih camilan yang sehat kepada keluarga di kampung halaman. Dibuat dengan susu asli New Zealand, membuat Milkita menjadi Juaranya Permen Susu.

Biar lebih enak, kelompokkan saja target penerima oleh-oleh. Bisa dibedakan dari umur atau jenis kelamin. Dengan begitu akan memudahkan dalam menentukan oleh-oleh yang tepat.

3. Jangan mendadak

Membawakan oleh-oleh sebaiknya sudah direncanakan jauh-jauh hari. Jangan sampai baru kepikiran jelang hari H, bisa repot nanti. Belum lagi soal dananya. Memang tidak ada masalah sih belanja oleh-oleh di hari H, tapi jangan sampai pemberian oleh-oleh itu terkesan terpaksa dan seadanya saja. Toh, menjadikan permen susu Milkita sebagai oleh-oleh cukup mudah karena mudah didapatkan di mana-mana. 

4. Transportasi

Pilihan transportasi juga menentukan dalam memilih oleh-oleh. Ketika mudik dengan transportasi umum seperti bus atau kereta api, pasti akan menyusahkan diri kalau membawa oleh-oleh dalam ukuran besar. Belum lagi bakal kena biaya tambahan.

BACA: Ikuti Tips Sehat Berpuasa agar Nyaman Lakoni Ibadah Selama Ramadan

Lain halnya bila bawa mobil sendiri saat mudik. Tinggal sesuaikan saja dengan bawa barang bawaan anggota keluarga lain. Lagi pula, bawa oleh-oleh permen susu Milkita tidak bakal makan  tempat banyak.

5. Cerita di balik oleh-oleh

Biar enggak sekadar formalitas, cobalah berbagi cerita seputar oleh-oleh yang dipilih. Misalnya menceritakan kenapa memilihkan permen susu Milkita untuk keponakan yang masih kecil-kecil.

Ceritakan kalau permen susu Milkita itu dibuat susu asli New Zealand dan bisa dikonsumsi setiap hari. Selain tinggi kandungan gizi yang terkandung dari susu, permen susu Milkita juga menjadi camilan yang menyehatkan karena Milkita Juaranya Permen Susu.

Bagaimana dengan Bunda? Punya cerita sendiri soal memilih oleh-oleh baik untuk kampung halaman maupun saat balik nanti untuk tetangga?

Jangan lupa untuk mengunjungi Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM.


 

Bagikan Artikel