Artikel

Pilihan Buah untuk Tambah Berat Badan Si Kecil

Post pada 21 Nov 2022

Berat badan normal menjadi tanda si kecil tumbuh dengan sehat. Sebaliknya, bila berat badan si anak berada di bawah normal, tentu berpotensi menjadi masalah kesehatan. Ada banyak faktor yang membuat berat badan anak tidak normal.

Misalnya saja terlalu banyak makan junk food atau tidak mendapatkan asupan gizi yang seimbang. Inilah mengapa banyak bunda yang berusaha keras memberi asupan makanan terbaik agar berat badan naik.

Satu di antara asupan itu adalah buah-buahan. Memberikan anak buah-buahan adalah solusi yang mudah dan murah agar berat badan normal anak tetap terjaga. Berikut daftar buah-buahan yang dapat menjadi opsi bagi bunda untuk membantu menambah berat badan si kecil.

BACA: Cara Mudah dan Menyenangkan agar Si Kecil Doyan Makan Buah

1. Pisang

Buah ini mudah didapatkan kapan saja dan di mana saja karena tak tergantung musim. Pisang kaya akan vitamin B6, karbohidrat, serat, dan potasium. Buah yang banyak jenisnya ini juga mengandung kalori yang dapat meningkatkan berat badan anak. Agar anak doyan mengkonsumsi pisang, bunda dapat mengolahnya menjadi berbagai macam camilam maupun minuman yang menyegarkan.

2. Mangga

Selain rasanya yang manis, mangga juga cocok menjadi buah yang dapat menambah berat badan anak. Lagi pula, mangga adalah buah yang mudah diserap tubuh sekaligus kaya akan serat, vitamin A, C, E, dan B kompleks.

3. Alpukat

Berikutnya adalah alpukat yang sering disebut sebagai superfood karena kandungan nutrisi yang bagus untuk kesehatan. Buah berwarna hijau ini mengandung vitamin B6, C, E, K, folat, tembaga, serat makanan, asam pantotenat, dan lemak yang tinggi. Alpukat dapat disajikan sebagai tambahan makanan yang lezat ke anak.

4. Anggur

Buah yang tersedia dalam warna-warna menarik ini mengandung antioksidan, polifenol, dan kalori. Rasanya yang manis dan menyegarkan akan mudah diterima lidah anak-anak.

BACA: Apakah Bunda Ketahui Tanda Anak Kelebihan Asupan Garam?

5. Kelapa

Kelapa adalah buah yang mudah didapatkan. Dalam buah kelapa mengandung fosfor, tembaga dan karbohidrat dalam jumlah sedang. Kelapa adalah buah yang bisa diolah menjadi aneka camilan dan minuman sehingga mudah diterima anak.

6. Kurma

Kurma masuk golongan buah yang kaya akan nutrisi, kalori, karbohidrat, kalium, magnesium, tembaga, mangan dan vitamin B6. Buah ini dapat dikonsumsi langsung maupun sebagai tambahan makanan olahan agar berat badan si kecil bertambah.

Itulah daftar buah-buah yang dapat bunda pilih sebagai asupan makanan agar berat badan anak bertambah. Selain itu, memberikan buah juga sebagai bagian mengenalkan rasa dan tekstur ke anak. Dalam upaya mengenalkan buah ini, bunda dapat pula memberikan Pino Es Serut Buah yang tersedia dalam aneka rasa buah yang menyegarkan.

Jangan lupa untuk mengunjungi Instagram PINO Indonesia, Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM. 


 

Bagikan Artikel