Artikel

Pilihan Bahan Makanan untuk Media Permainan Sensori

Post pada 31 Oct 2022

Bisa jadi bunda sudah familiar dengan istilah sensory play atau permainan sensori. Yup, ini adalah konsep belajar balita di rumah yang paling diminati. Permainan ini diyakini akan mengaktifkan panca indera buah hati.

Lewat permainan ini, panca indera anak akan mendapat stimulus atau rangsangan karena gerakannya memancing indera penglihatan, peraba, sentuhan, suara, menjadi aktif.

Secara umum, permainan sensori ini bagus untuk perkembangan kognitif anak karena melatih konsentrasi dan kemampuan berpikirnya. Kemudian, jenis permainan ini juga menekankan pada stimulus motorik halus dan motorik kasar.

Permainan sensori juga akan membantu anak dalam memperkaya kosa kata. Terakhir, juga akan memancing kreativitas dan imajinasi anak. Oh ya, manfaat yang paling terasa dari aktivitas ini adalah meningkatkan bonding bunda dan anak!

BACA: Deretan Alasan Kuat Kenapa Bunda Perlu Temui Psikolog Anak

Ada banyak ide-ide yang dapat bunda praktikkan dalam permainan sensori bersama buah hati. Ada pula banyak bahan permainan yang dapat bunda pilih dan aman untuk si kecil, khususnya bila si dia suka memasukkan benda ke dalam mulut.

Yuk bareng-bareng ciptakan ide permainan sensori yang relevan dengan keinginan anak.

1. Pasta

Pasta kering dapat jadi bahan permainan sensori lho. Dengan bentuknya yang beragam, mulai dari berbentuk batang lidi sampai lingkaran, bakal membantu anak membedakan bentuk dan tektur. Cuma bila anak punya kebiasaan memasukan benda ke mulut, bunda bisa saja merebusnya terlebih dulu. Usahakan untuk tidak terlalu lembek.

2. Jelly

Jelly dapat pula menjadi pilihan untuk permainan sensori. Bunda dapat membuat agar-agar atau kalau mau praktis bisa membeli Pino Es Serut Buah. Ketika dalam bentuk cair, bunda dapat membekukan Pino Es Serut Buah dalam wadah dengan bentuk yang diinginkan. Selain itu, Pino Es Serut Buah yang kaya akan rasa dan warna dapat menstimulis indera perasa dan penglihatan anak.

3. Buah

Buah-buahan dapat juga menjadi media dalam permainan sensori. Dengan menggunakan buah-buahan, bunda tak perlu khawatir lagi bila si kecil memakannya. Lagi pula ini juga akan merangsang indera penciuman dan perasa anak bila bunda menyajikan buah-buahan tertentu.

BACA: Benarkah Usia Pra Sekolah Jadi Waktu yang Tepat Belajar Bahasa Asing?

4. Sereal

Di pasaran banyak tersedia sereal dengan aneka bentuk dan ukuran. Ini bisa jadi ide sebagai media permainan sensori. Hanya perlu diketahui, bila anak masih berusia kurang dari setahun, lebih baik pilihlah seereal yang rendah gula, bebas pewarna, dan bebas gluten. Bunda akan tenang-tenang saja ketika mengetahui si kecil menguyah ‘bahan permainannya’.

Bagaimana bunda? Sudah terpikir ide yang oke buat bikin sesi permainan sensori bersama anak? Menjadikan bahan makanan tertentu sebagai media boleh-boleh saja sepanjang bunda tetap memberi takarannya. Toh, tujuan dari permainan sensori selain membantu tumbuh kembang anak juga bagian dari ritual bonding bersama buah hati!

Jangan lupa untuk mengunjungi Instagram PINO Indonesia, Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM.    


 

Bagikan Artikel