Artikel

Perlukah Anakku Punya Hewan Peliharaan di Rumah?

Post pada 14 Jun 2022

Punya hewan peliharaan bakal membuat rumah jauh dari sepi. Mulai dari tingkah polah sampai suaranya kadang bikin menggemaskan. Dan ternyata memiliki hewan peliharaan di rumah bagus untuk tumbuh kembang anak, lho!

Tidak sekadar jadi teman bermain, anak juga melatih diri menyayangi dan peduli terhadap binatang. Apakah cuma itu saja? Masih banyak kok benefit lainnya. Yuk disimak sampai habis.

BACA: Kalau Anak sudah Masuk Kategori Overweight, Aku Mesti Gimana?

1. Belajar tanggung jawab

Hewan peliharaan akan melatih anak belajar bertanggung jawab. Bukan hanya mengajak main, tapi juga memastikan hak hewan peliharaan terpenuhi. Sebut saja ketersediaan pakan, minum, kendang yang bersih, dan kesehatannya.

2. Jaga anak  tetap aktif

Energi anak yang melimpah dapat tersalurkan dengan mengajak main hewan peliharaan. Alhasil, anak akan tetap aktif bergerak bersama hewan kesayangannya.

3. Bangun kepercayaan diri

Interaksi dengan hewan peliharaan akan membangun kepercayaan diri anak. Sikap manja yang ditunjukkan hewan peliharaan membantu anak merasa diakui keberadaannya.

4. Menstabilkan emosi anak

Emosi dan perasaan anak akan lebih stabil bila ada hewan peliharaan di rumah. Hewan peliharaan kadang punya kemampuan menakjubkan untuk membuat suasana hati anak lebih menyenangkan.

5. Latih rasa cinta pada makhluk hidup

Coba tengok bagaimana ekspresi anak berinteraksi dengan hewan peliharaan? Dia akan menunjukkan rasa empati begitu tahu hewan kesayangannya belum makan. Atau sedih jika hewan peliharaan dalam kondisi yang mengkhawatirkan. Di sini anak telah terlatih kepekaannya.

Meski banyak manfaatnya, tapi tetaplah bijak dalam menentukan hewan peliharaan yang direkomendasikan sesuai dengan usia anakj. Idealnya, anak saat menginjak usia di atas lima tahun bisa diperkenalkan dengan hewan peliharaan. Anak rentang usia 10-13 tahun sebenarnya sudah lebih bagus dalam merespons hewan di rumah.

BACA: Latih Anak Belajar Bertanggung Jawab dengan Akui Ruang Privasinya

Pada intinya, poin penting yang perlu ditanamkan adalah tanggung jawab. Tekankan pada si kecil bahwa memelihara hewan di rumah menuntut tanggung jawab yang besar. Kemudian, tidak ada salahnya mengajak anak ke pet shop dulu untuk melihat responsnya dalam berinteraksi dengan hewan peliharaan. Jangan lupa bawa Pino Es Serut Buah yang sudah dibekukan sebagai bekal yang menyegarkan dalam perjalanan ke pet shop!

 Jangan lupa untuk mengunjungi Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM.


 

Bagikan Artikel