Artikel

Penting Nih, Alasan Kuat Hindari Minum Es Setelah Berolahraga

Post pada 22 Aug 2022

Ada sensasi tersendiri begitu minum dingin seusai berolahraga. Tubuh langsung terasa segar dan suhu tubuh langsung turun secara instan. Ketika suhu tubuh terkontrol, maka akan terasa bugar sehingga turut menjaga performa olahraga.

Bahkan banyak beredar pendapat yang menyebutkan bila menenggak minuman dingin setelah berolahraga dapat mempercepat pembakaran lemak dan kalori. Memang secara ilmiah, minum air dingin membuat tubuh mengeluarkan banyak energi sehingga jumlah kalori yang terbakar lebih banyak.

Meski begitu, ada baiknya mengetahui potensi risiko ikutan bila meminum air dingin setelah berolahraga. Sebagai langkah awal, ketahui dulu bedanya air es dan air dingin karena keduanya tidaklah sama.

BACA: Kebiasaan Bangun Pagi Bagus untuk Kesehatan Mental, Apa Kata Psikolog?

Suhu air dingin ada di kisaran 4-15 derajat celcius. Sedangkan air es ada di bawah empat derajat celcius. Kemudian meski mencampurkan air dengan es batu tidak serta merta membuat air sedingin es. Biar mudah membedakan air es dan air dingin, coba saja saat diminum. Bila membuat gigi ngilu, artinya air itu sudah sangat dingin.

Benarkah anggapan yang menyarankan agar tidak mengkonsumsi minuman dingin setelah berolahraga karena bikin organ tubuh kaget?

Saran itu mungkin berlaku bila minum air es yang suhunya di bawah empat derajat celcius. Bila terlalu banyak mengkonsumsi air es bisa jadi membuat pembuluh darah membeku. Inilah kenapa bila mengkonsumsi es krim atau minuman es berasa bikin otak membeku. Sebenarnya rasa itu merupakan bentuk komunikasi tubuh untuk mengingatkan agar jangan terlalu banyak mengkonsumsi minuman es.

Dari sini, sejumlah ahli menganjurkan agar menghindari minum es setelah berolahraga. Ada dua faktor umum yang mendasari anjuran tersebut. Pertama, air es sulit diserap tubuh. Padahal ketika berolahraga, bunda memerlukan cairan yang hilang lewat keringat. Jadi ketika minum air es malah membuat bunda berasa makin haus dan kembung.

Kedua, sering buang air kecil. Mengkonsumsi minum es membuat bunda akan lebih sering bolak-balik ke toilet. Hal ini karena kandung kemih berada di depan usus halus. Makin dingin suhu usus halus maka urin makin dingin yang memaksa kandung kemih memberi isyarat ingin buang air kecil.

BACA: Boleh Nggak Anakku Konsumsi Minuman Kemasan Dingin? Ini Jawaban Ahli Gizi

Kesimpulannya, minum air es tidak dianjurkan dikonsumsi setelah berolahraga. Opsi yang netral adalah minum air dingin yang suhunya ada di rentang 4-15 derajat celcius. Air dingin lebih mudah diserap tubuh sekaligus mengontrol suhu tubuh.

Bila setelah melalui pendinginan beberapa waktu, tidak masalah mengkonsumsi air es atau pun minuman kemasan seperti Pino Es Serut Buah. Biar lebih nyaman lagi, konsumsilah air putih setelah menikmati Pino Es Serut Buah seperti yang dianjurkan Pakar Gizi Nuril Farah Dhiya.

Jangan lupa untuk mengunjungi Instagram PINO Indonesia, Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM.  


 

Bagikan Artikel