Article

Pahami Poin-poin yang Perlu Disiapkan Sebelum Bawa Anak ke Kantor

Post On 21 Nov 2022

Pernah membayangkan ajak anak ke kantor? Mungkin khawatirnya bakal merepotkan atau mengganggu rekan kerja. Wajar kok berpikir seperti itu. Padahal, banyak manfaat yang diperoleh anak ketika ikut bunda ke kantor.

Seperti dilansir Forbes, anak dapat belajar banyak hal saat berada di lingkungan kerja bunda. Utamanya adalah menunjukkan kehidupan kerja dan belajar keterampilan yang diperlukan di dunia profesional. Si kecil akan menyaksikan secara langsung bagaimana budaya team work, komunikasi, sampai memecahkan problem.

BACA: Kenali Sikap Reaktif versus Proaktif saat Hadapi Kesalahan Anak

Meski begitu, tetap harus ada persiapan matang agar kehadiran anak tidak mengganggu kelancaran bunda bekerja. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan bagi bunda sebelum mengajak anak ke kantor. Apa saja itu?

1. Informasikan ke atasan

Alangkah bijaknya bila bunda menginformasikan ke atasan ketika berniat membawa anak ke kantor. Bila ada pemberitahuan awal, atasan tidak akan kaget bila melihat tiba-tiba ada anak kecil di ruangan. Jangan sampai dia bingung ini anak siapa wara-wiri di kantor.

2. Pilih waktu yang tepat

Anak biasanya akan bosan. Bila bosan, bisa jadi dia akan bertingkah untuk menghilangkan rasa bosannya. Maka itu, pilihkan waktu yang tepat. Misalnya saat pekerjaan tidak menumpuk atau jelang jam kerja berakhir.

3. Hindari minta tolong rekan kerja ikut mengasuh

Kehadiran anak di kantor mungkin menyenangkan. Beberapa rekan kerja akan mengajak anak bermain. Cuma pastikan jangan sampai melemparkan beban mengasuh ke mereka. Rekan kerja juga punya kesibukan lain yang perlu diselesaikan saat itu.

4. Siapkan camilan

Antisipasi rasa bosan anak di kantor dengan membawa camilan favoritnya seperti Pino Es Serut Buah. Camilan ini bisa mengalihkan rasa bosan anak karena rasa buahnya yang menyegarkan. Apalagi Pino Es Serut Buah kaya akan kandungan vitamin B1, B3, B6, dan B12.

BACA: Pilihan Bahan Makanan untuk Media Permainan Sensori

Hanya jangan lupa untuk tetap memberi petunjuk pada anak agar menikmati camilan dengan tenang dan tidak mengganggu rekan kerja. Pastikan juga mengingatkan anak untuk membuat kemasan camilan di tempat sampah.

5. Mencicil pekerjaan

Agar dapat bekerja sambil momong anak, sebaiknya bunda mencicil pekerjaan di hari sebelumnya. Kemudian hindari membawa anak saat pekerjaan menumpuk dan banyak jadual rapat. Dengan begitu, konsentrasi bunda tidak terpecah antara mengurus anak sekaligus menyelesaikan pekerjaan.

Membawa anak ke kantor memang butuh persiapan matang. Jangan sampai keputusan membawa anak ke kantor malah mengundang stres. Kemudian bantu anak beradaptasi dan kenalkan dengan rekan kerja agar dia tidak merasa asing di lingkungan kerja bundanya.

Jangan lupa untuk mengunjungi Instagram PINO Indonesia, Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM. 

 

Share This Article