Artikel

Olahraga Bareng Anak Tak Hanya Sehat tapi Ciptakan Quality Time yang Hebat

Post pada 29 Jul 2022

Olahraga bareng anak bisa jadi aktivitas seru dan menyenangkan di rumah. Istilah asyiknya, bermain sambil berolahraga! Terlebih lagi, olahraga bareng anak punya segudang manfaatnya. Bukan sekadar aktivitas olah fisik saja tapi juga mendukung tumbuh kembang anak.

Sebut saja studi dari Michigan State University mengungkapkan bila anak yang rajin berolahraga lebih cerdas ketimbang yang tidak. Olahraga membuat anak mudah fokus dan konsentrasi. Benefit lainnya adalah olahraga menekan risiko obesitas pada anak. Tubuh akan membakar kalori ketika anak selalu aktif bergerak.

Kemudian, olahraga juga terbukti membantu kepercayaan diri anak. Dia akan belajar berpikir positif, lebih terampil, dan memandang dirinya sebagai individu yang peduli terhadap gaya hidup yang sehat.

BACA: Kebiasaan Bangun Pagi Bagus untuk Kesehatan Mental, Apa Kata Psikolog?

Lagi pula, kegiatan ini tak perlu keluar duit dan enggak ada kata sulit. Sepanjang ada ruang cukup di rumah, maka aneka gerakan-gerakan fisik dapat dilakukan bersama anak. Lokasinya bisa di teras, taman, atau garasi.

Jenis gerakannya sendiri juga tak perlu yang susah-susah. Cukup olahraga dengan gerakan-gerakan dasar atau istilahnya functional movement. Maksud dari gerakan dasar ini adalah gerakan yang biasa dilakukan sehari-hari.

Sebut saja squat atau gerakan berulang dari jongkok lalu berdiri. Gerakan ini akan menstimulasi otot-otot pada tubuh anak. Agar anak tidak merasa bosan, bunda mungkin perlu menekankan kalau olahraga ini adalah jenis permainan.

Satu hal lagi, sebaiknya olahraga bersama anak tak perlu dalam durasi waktu yang lama. Badan Kesehatan Dunia alias WHO menganjurkan anak-anak sebaiknya aktif bergerak dalam tempo minimal 60 menit sehari.

Nah, bunda tak perlu memaksakan anak berolahraga sepanjang satu jam itu. Boleh saja kok dibagi-bagi dalam waktu-waktu tertentu. Misalnya sebelum mandi, ajak anak untuk senam sejenak selama 10 menit. Atau bisa juga ajak berjalan kaki untuk membeli sarapan yang tak jauh dari rumah.

Kemudian, rawatlah rasa senang dan hepi si kecil ketika diajak berolahraga bersama dengan menghadiahi Pino Es Serut Buah yang sudah didinginkan terlebih dulu. Minuman satu ini akan mengembalikan kesegaran tubuh.

BACA: Isi Pesan Presiden Jokowi untuk Bunda saat Peringatan Hari Anak Nasional

Bahkan otoritas olahraga semacam American College of Sports Medicine dan International Society of Sports Nutritions menyarankan agar minum air dingin begitu menyelesaikan olahraga.

Mengkonsumsi minuman dingin akan membantu menunda kenaikan suhu tubuh. Dengan suhu tubuh yang terkontrol maka butuh akan terasa bugar dan segar setelah berolahraga.

Ayo mulai sisihkan waktu ajak anak berolahraga. Dengan berolahraga bareng, bunda akan mendapatkan quality time bersama anak. Ingat kutipan mens sana in corpore sano, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat!

Jangan lupa untuk mengunjungi Instagram PINO Indonesia, Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM.  



 

 

 


 

Bagikan Artikel