Artikel

Nggak Sulit Kok Biasakan Anak Bangun Pagi, Bunda Pasti Bisa!

Post pada 31 Aug 2022

Jangan buru-buru labeli anak pemalas bila susah bangun pagi. Kedepankan perspektif positif dulu dengan cara ini sebagai tantangan tersendiri bagi bunda! Yup, membiasakan bangun pagi bisa jadi hal yang menantang.

Langkah pertama dengan mulai mengobservasi pola tidur si kecil. Siapa tahu pangkal drama membangunkan anak di pagi hari itu bermula dari kacaunya pola tidur si kecil. Kuncinya sudah pasti membentuk pola tidur anak agar keesokan harinya merasa lebih segar dan bugar.

BACA: Terapkan Gaya Asertif dalam Mendidik Anak, Kunci Komunikasi Sehat

Oke, biar bangun pagi menjadi kebiasaan baik bagi si kecil, bunda mungkin bisa menerapkan beberapa tips di bawah ini.

1. Pola tidur

Seperti disebutkan sebelumnya, pola tidur sangat berpengaruh dalam urusan bangun pagi. Bunda bisa memperhatikan dengan seksama pola tidur yang selama ini dilakoni si kecil sehingga sulit bangun pagi. Bahkan dari sini bunda juga dapat tahu sejak dini bila si kecil ternyata mengalami kesulitan tidur di malam hari.

Agar tidurnya tertib, biasakan si kecil meluangkan waktu bobo siang dan bangun menjelang sore. Kemudian batasi makan malam dan hindari minuman bersoda atau kafein. Bila perlu, beri ketegasan agar si kecil tidak main gadget hingga larut malam.

2. Ciptakan atmosfer yang nyaman

Kamar yang rapi dan bersih menjadi syarat penting agar anak mudah terlelap. Kemudian agar kualitas tidur anak terjaga, cobalah menciptakan pencahayaan di kamar yang mendukung anak tidur. Kemudian yang juga penting diperhatikan adalah suhu kamar. Suhu kamar yang terlalu panas akan membuat si kecil mudah gelisah.

3. Setel musik yang disukai

Hindari drama-drama ada omelan atau kekesalan bunda saat membangunkan si kecil. Atau malah disisipi ancaman. Kenapa tidak menggunakan musik yang disukai si kecil saat membangunkannya. Benefit lainnya, musik ini akan turut membangun mood si kecil di pagi hari.

4. Siapkan sarapan favoritnya

Aroma dari sarapan yang dibuat bunda dapat memancing minat anak bangun lho! Jadi, menu sarapan dapat menjadi motivasi si anak bangun. Boleh saja kok bunda menawarkan menu sarapan sebelum anak tidur.

5. Beri ganjaran

Jadikan aktivitas bangun pagi sebagai prestasi tersendiri. Dan karena prestasinya itu, si kecil berhak mendapat ganjaran. Bunda bebas menentukan bentuk ganjarannya. Hanya akan lebih bijak bila mendiskusikannya lebih dulu dengan si kecil. Misalnya saja memberikan minuman favoritnya macam Pino Es Serut Buah. Minuman yang lebih nikmat bila dibekukan dulu ini dapat menjadi ganjaran yang tepat untuk si kecil yang terbukti terbiasa bangun pagi!

BACA: Penting Nih, Alasan Kuat Hindari Minum Es Setelah Berolahraga

Itu adalah trik yang dapat bunda praktikkan agar si kecil terbiasa bangun pagi. Perlu digarisbawahi, kebiasaan bangun pagi tidak dapat dibentuk dalam semalam. Ada proses yang mesti bunda sadari. Jadi kesabaran bunda memainkan peranan penting. Jangan ada lagi ketegangan di pagi hari gara-gara anak sulit bangun pagi.

Jangan lupa untuk mengunjungi Instagram PINO Indonesia, Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM. 

 

 


 

Bagikan Artikel