Artikel

Mumpung Lagi Hari Susu Sedunia, Yuk Nikmati Permen Susu Milkita

Post pada 10 Jun 2021

Ada lho hari susu sedunia! Iya,hari yang sering disebut World Milk Day itu diperingati tiap 1 Juni. Di tahun ini, Food and Agriculture Organisation (FAO) menetapkan gerakan "Enjoy Dairy" yang artinya nikmati produk susu, sebagai tema Hari Susu Sedunia 2021.

Dalam sejarahnya sendiri, melansir worldmilkday.org, penetapan World Milk Day atau Hari Susu Sedunia dilakukan oleh Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) Perserikatan Bangsa-Bangsa sejak 2001. Sementara di Indonesia peringatan Hari Susu Dunia dimulai sejak tanggal 1 Juni 2009 melalui Keputusan Menteri Pertanian Nomor: 2182/KPTS/PD.420/5/2009, dengan tajuk Hari Susu Nusantara.

Penetapan Hari Susu Sedunia bertujuan mengakui pentingnya susu sebagai makanan global dan merayakan sektor susu. Termasuk bagaimana produk susu mendukung mata pencaharian satu miliar orang di dunia. Sejak saat itu, setiap tahun manfaat susu dan produk susu secara aktif dipromosikan ke seluruh dunia.

Dilansir laman resmi Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) pada 2019, tingkat konsumsi susu masyarakat Indonesia per tahun 2019 masih dikisaran 16,23 Kg/kapita/tahun. Padahal konsumsi susu dinilai sangat penting bagi kesehatan masyarakat, khususnya mencegah stunting pada anak-anak dan meningkatkan imunitas tubuh. 

Di masa pandemi Virus Covid-19 saat ini, konsumsi susu menjadi penting untuk peningkatan imunitas tubuh yang merupakan salah satu cara untuk meminimalisir potensi terinfeksi agen penyakit.

Apa saja manfaat susu? Pertama, kandungan yang ada di dalam susu sapi dapat memberikan Anda manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Susu sapi tinggi kandungan protein sehingga baik untuk menjaga sistem imun tubuh manusia. Ditambah lagi, kandungan vitamin A, asam lemak omega-3, serta beragam jenis antioksidan di dalam susu sapi juga turut serta membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel dan melawan infeksi.

Kedua, susu dapat  meningkatkan kesehatan tulang dan gigi. Kandungan kalsium yang terdapat pada susu merupakan sumber zat yang bekerja untuk perkembangan tulang dan gigi yang sehat. Untuk anak, manfaat susu secara rutin adalah membantu mengoptimalisasi perkembangan dan kepadatan tulang di masa pertumbuhannya. Selain itu susu juga berperan untuk mencegah kerusakan gigi, seperti gigi berlubang.

Ketiga, susu juga dapat membuat tidur lebih nyenyak. Manfaat susu ini hadir berkat asam amino triptofan yang membantu memproduksi hormon serotonin dan melatonin. Kedua hormon tersebut berperan sebagai pembangun mood positif serta dapat mencegah depresi. Mood positif yang dibangun sebelum tidur, akan berdampak pada kualitas tidur Anda yang lebih baik dan nyenyak agar bangun tidur lebih segar. Dianjurkan untuk minum susu sekitar 20-30 menit sebelum tidur untuk memberi efek optimal terhadap kualitas tidur.

Keempat, susu sapi merupakan sumber kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah sehingga membuat Anda terhindar dari penyakit jantung. Meningkatkan asupan kalium dan mengurangi natrium pun bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Baca juga: CEO Unifam Ungkap Strategi Bumikan Visi Misi Perusahaan   

Namun, pastikan Anda mengonsumsi susu yang bebas lemak jenuh sebab susu yang mengandung banyak lemak jenuh dan kolesterol malah akan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kelima, bagi Anda yang punya tekanan darah tinggi, susu sapi juga memberikan khasiat lain berupa penurunan tekanan darah. Kandungan kalium yang ada di dalam susu sapi bermanfaat untuk menjaga tekanan darah supaya tetap berada di angka normal.

Menurut situs American Heart Association, kalium juga membantu meringankan tekanan pada dinding pembuluh darah sehingga tekanan darah dapat menurun.

Bagi orang tua yang ingin mengenalkan susu pada anak, silahkan jajal permen susu Milkita dan juga permen lolipop Milkita. Kunyah tiga butir permen lolipop milkita, kandungan kalorinya setara dengan segelas susu.

Permen Susu Milkita dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak-anak. Alhasil, permen ini menjadi pilihan terbaik untuk cemilan mereka. Dengan cita rasa yang khas, camilan produksi PT United Family Food (Unifam) ini mudah disukai anak-anak sampai orang tua.

Produk Milkita telah lolos uji halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Selain itu, permen susu Milkita juga terjamin aman untuk dikonsumsi karena memiliki izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Baca juga: Bukan Perkara Mudah Temukan Nama ‘Unifam’, Butuh Waktu Setahun  
 

Bagikan Artikel