Artikel

Mumpung Hari Pahlawan, Anak  Perlu Kenal Lebih Dalam Sosok Pahlawan

Post pada 10 Nov 2022

Tanggal 10 November selalu identik dengan Hari Pahlawan. Meski bukan libur nasional, tapi tanggal tersebut merupakan wujud penghargaan atas jasa-jasa pahlawan yang berkorban demi negeri tercinta.

Mumpung waktunya tepat, bunda dapat memanfaatkan momen ini untuk mendidik anak seputar makna kepahlawanan. Bukan sesempit mengorbankan jiwa dan raga, tapi membangun pemahaman baru makna pahlawan yang relevan dengan situasi kekinian.

Selain itu, bunda dapat juga mengenalkan sosok pahlawan yang kisah hidupnya dapat diteladani dan menjadi inspirasi bagi buah hati. Sambil menyajikan Pino Es Serut Buah sebagai teman diskusi, bunda dapat memulai obrolan seputar manfaat mengenalkan pahlawan kepada si kecil.

BACA: Deretan Alasan Kuat Kenapa Bunda Perlu Temui Psikolog Anak

1. Cinta akan negeri dan bangsa

Melalui diskusi seputar pahlawan, anak dapat termotivasi untuk memberi kontribusi pada negara. Informasi itu akan menggerakkan jiwa nasionalisme sejak dini. Di samping itu, dorong anak untuk mengekspresikan rasa cinta akan bangsa dan negeri ini dengan caranya sendiri.

2. Mengakui keberagaman

Latar belakang pahlawan berbeda-beda, baik asal daerah maupun sukunya. Tapi mereka punya tujuan yang sama, yakni berjuang agar Indonesia merdeka. Para pahlawan bekerja sama dan bahu membahu untuk mewujudkan mimpi bersama. Dari sini, anak akan belajar pentingnya menjaga persatuan dan tidak menjadikan keberagaman sebagai perbedaan.

BACA: Benarkah Usia Pra Sekolah Jadi Waktu yang Tepat Belajar Bahasa Asing?

3. Anak terpacu giat belajar

Ketika bunda aktif menerangkan seputar pahlawan, anak akan terstimulasi untuk menghimpun informasi lebih banyak lagi. Bisa jadi dia akan meminta buku-buku yang terkait dengan sejarah pahlawan maupun cerita-cerita perjuangan di masa lalu. Praktis, minat baca anak akan tumbuh perlahan-lahan.

4. Memahami peristiwa-peristiwa penting

Mengajak anak berdiskusi tentang pahlawan akan membuat anak mengenal peristiwa-peristiwa penting yang mengubah sejarah bangsa. Kemudian yang tak kalah penting, mengenalkan sosok pahlawan juga membuat rasa percaya diri anak meningkat.

Oh ya bunda, jangan lupakan kalau bunda juga menjadi ‘guru’ bagi buah hati dalam mengekspresikan rasa cinta pada Tanah Air. Di samping itu, bunda juga dapat memberikan contoh-contoh sederhana menjadi sosok pahlawan di rumah maupun di lingkungan sekitar.

Jangan lupa untuk mengunjungi Instagram PINO Indonesia, Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM.  

 

Bagikan Artikel