Artikel

Meski Pandemi, Kinerja Karyawan Unifam Tetap Terjaga Maksimal

Post pada 05 Feb 2021

Tak hanya fokus meningkatkan penjualan,  PT United Family Food (Unifam) prinsipal perusahaan makanan dan minuman lokal Indonesia juga berusaha meningkatkan kepedulian kepada karyawan.

Steven Erwin Wijaya, CEO PT United Family Food (Unifam) menjelaskan Unifam memiliki prinsip bahwa karyawan adalah bagian dari keluarga. Sehingga meski pandemi komitmen perusahaan untuk mempertahankan jumlah karyawan jadi utama.

Sebagai contoh pada masa pandemi seperti saat ini, sementara perusahaan-perusahaan lain melakukan pemotongan gaji karyawan, Unifam tak melakukan pemotongan gaji sama sekali. Namun justru menaikkan gaji karyawan. Bonus tahunan dan THR juga tetap keluar seratus persen. Ini tentu satu komitmen perusahaan untuk menjaga karyawan supaya tidak mengalami kesulitan di masa sulit seperti ini.

“Selama perusahaan mampu, kita akan terus komitmen untuk memberikan apa yang menjadi hak karyawan. Tapi sebagai return karyawan juga harus menjaga produktivitas,”kata Steven.

Keberhasilan mempertahankan karyawan turut membuahkan hasil. Kinerja produsen permen seperti Milkita, Super Zuper dan Jagoan Neon ini bisa meningkat selama 2020.

Tercatat kinerja penjualan yang naik mencapai 18% dibanding periode tahun sebelumnya. Pertumbuhan penjualan mengalami peningkatan sejak kuartal pertama 2020. Hal ini membuat Unifam percaya diri hingga di akhir tahun 2020.

Wishnu Pramuji, COO PT United Family Food (Unifam) menjelaskan kondisi pandemi di tahun 2020 memang menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku industri. Namun hal tersebut justru memberikan peluang bagi kami dikarenakan pola konsumsi konsumen di masa pandemi yang mengalami perubahan. Sehingga kinerja pertumbuhan menjadi signifikan bagi Unifam," kata Wishnu. 

"Memasuki tahun 2021, tentunya kami optimis untuk pencapaian positif. Berbagai inovasi produk sudah kami siapkan untuk memenuhi kebutuhan pasar,” ujar Wishnu Pramuji, COO PT United Family Food (Unifam).

Tak hanya memproduksi permen, Unifam juga memproduksi Milkita Kental Manis, Pino Ice Cup dan Kiko Ice Stick yang diproduksi secara lokal di pabrik Cikande Serang Banten. Produk-produk Unifam mengalami penguatan pangsa pasar dan keberhasilan penerimaan produk menjadi penopang pertumbuhan Unifam. Pasar domestik masih menjadi penyumbang dominan bagi penjualan Unifam. Pasar internasional pun juga menunjukan pertumbuhan positif sebesar 8% sepanjang tahun 2020 lalu. 

Memasuki usianya yang ke 40 di tahun 2021 ini, Unifam juga berkomitmen untuk memberikan kualitas produk yang konsisten dan menjadi brand yang dapat dipercaya bagi kebutuhan keluarga. 

Menjaga kesejahteraan serta  kesehatan karyawan akan menjadi fokus utama di tahun 2021 ini. Selain itu, kemampuan untuk beradaptasi terhadap dinamika pasar di era pandemi dan mempertahankan daya saing akan menjadi salah satu agenda Unifam di tahun pemulihan ini.
 
Baca juga: Unifam Meluncurkan Pino Jelly, Cemilan Sehat untuk Keluarga
 

Bagikan Artikel