Artikel

Melatih Anak Berpuasa Sejak Dini Tak Sama dengan Wajibkan Mereka Berpuasa

Post pada 05 Apr 2022

Mumpung sekarang bulan Ramadhan, saatnya kesempatan melatih anak berpuasa sejak dini. Memang sih anak belum kena kewajiban berpuasa, tapi justru mereka bersemangat ingin ikutan karena melihat ayah dan bundanya.

Saat dia mulai menunjukkan keseriusan berpuasa, langsung respons dengan positif. Berikan dukungan sekaligus mendampingi. Toh, berpuasa bukan semata-mata menjalankan ibadah agama tapi lebih dari itu.

Dengan berpuasa, si kecil bisa melatih menahan keinginan ketika didera rasa lapar dan haus. Berikutnya, berpuasa melatih jiwa sosial yang tinggi dan berempati kepada sesama. Bunda punya pendapat lain?

Tentu saja perlu beberapa hal yang dipersiapkan agar si kecil dapat berpuasa dengan lancar. Plusnya lagi, aktivitas puasa juga terasa menyenangkan. Apa saja yang perlu bunda siapkan?

1. Boleh berpuasa setengah hari

Ajaklah di kecil berpuasa setengah hari. Tujuannya agar tidak kaget. Lagi pula jangan terlalu kaku harus selesai menjelang tengah hari. Beri dia ruang diskusi apakah setiap hari, durasi berpuasa ditambah lagi perlahan-lahan.

2. Berpuasa dari jajanan

Langkah lain yang dapat dilakukan adalah memberi tantangan kepada si kecil untuk berpuasa jajanan favorit. Dari sini dia akan berlatih mengelola keinginan. Oh iya, lakukan secara bertahap dan tetap dengan nuansa menyenangkan.

BACA: Bangun Konsep Kebiasaan Makan yang Sehat ke Anak dari Aktivitas Harian

3. Libatkan pada saat membuat menu berbuka

Beri tawaran kepada dia untuk turut menentukan menu apa saja yang perlu dihidangkan. Misalnya saja memberi menu es buah yang ditambah susu kental manis Milkita agar lebih segar dan menyehatkan. 

Bila dia penasaran kenapa ditambahkan susu kental manis Milkita, bantulah jelaskan bila susu kental manis Milkita mengandung tinggi vitamin, tinggi kalsium yang berperan pada kesehatan tulang dan gigi, dan pastinya terbuat dari bahan baku susu segar.

4. Beri hadiah

Pertimbangkan untuk memberi ganjaran berupa hadiah kepada si kecil. Ini sebagai bentuk ungkapan apresiasi atas usahanya berpuasa. Selain itu, ganjaran juga turut memotivasi dirinya lebih bersemangat lagi mengisi hari-hari ramadhan dengan berpuasa.

BACA: Bunda Lebih Pro Mana, Anak Doyan Makan atau Hobi Ngemil?

5. Sabar

Melatih anak berpuasa sejak dini jelas merupakan kewajiban orangtua. Pasti tak selalu mulus dan sesuai harapan. Tak perlu risau dan harus memaksa si kecil memenuhi keinginan orangtua. Kedepankan rasa sabar dalam membimbing si kecil. Toh, semua memerlukan proses.

Perlu diingat, melatih anak berpuasa sejak dini di bulan ramadan tidak sama dengan mewajibkan mereka berpuasa. Mereka masih masuk golongan yang belum diwajibkan berpuasa karena belum baligh. Inilah kenapa Bunda sebaiknya menyiapkan strategi yang jitu agar anak mulai menyadari pentingnya berpuasa selain karena perintah agama juga bermanfaat melatih kepekaan sosial

Jangan lupa untuk mengunjungi Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM.

 

 


 

Bagikan Artikel