Artikel

Makan Permen Bisa Bikin Gigi Anak Rusak? Ini Faktanya!

Post pada 18 Mar 2021

Dilema kembali melanda Anda ketika harus memberikan permen untuk anak. Ini karena rumor yang beredar bahwa pengaruh permen bagi gigi anak tidak bagus. Bahkan, membuatnya rusak.

Memang benar jika makan permen dan cokelat dapat menyebabkan sakit gigi. Gula yang terkandung dalam permen dan coklat dapat merusak gigi. Gigi yang terlalu lama terpapar dengan gula, lama kelamaan membuat bakteri dan kuman mengeluarkan asam. Asam inilah yang akan merusak gigi dan membentuk karies

Sebaiknya, sejak anak memiliki gigi pertama (sekitar usia 6 bulan), pemeriksaan rongga mulut harus mulai dijalani. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan risiko terjadinya karies gigi.

Saat gigi pertama anak muncul, orangtua harus membersihkan gigi tersebut, setidaknya 2 kali sehari (pagi dan malam). Setiap anak selesai makan, bersihkan giginya dengan kain basah. Namun, jika gigi anak sudah mulai rapat, gunakanlah dental floss, benang untuk gigi, setidaknya sekali sehari.

Baca juga: Cola Candy Jadi Motor Penjualan Unifam di Awal Berdiri

Saat berusia 2 tahun, ajarilah anak agar dapat menggosok gigi sendiri. Namun, mekanisme kontrol dan konsentrasi anak seusia itu masih belum memadai untuk menciptakan kondisi kesehatan gigi yang baik.

Ajarkan anak untuk menggosok gigi secara cermat, benar, dan menyeluruh. Dampingi anak dengan membuat semacam permainan ringan agar proses menggosok gigi berjalan lancar tanpa merasa terpaksa.

Selain menggosok gigi secara teratur, kesehatan gigi juga dipengaruhi makanan yang dikonsumsi. Setelah mengkonsumsi minuman manis yang mengandung banyak gula seperti jus buah, smoothies, dan minuman bersoda minumlah banyak air putih. Hal yang sama juga dapat Anda lakukan usai makan buah-buahan asam seperti, jeruk, lemon, dan jeruk nipis.

Namun jangan khawatir dengan gigi berlubang buat anak. Orang tua bisa memberikan permen yang aman buat gigi anak. Salah satunya adalah Permen Milkita Lollipop OMG (rasa baru Orange, Mango, Grape) yang terbuat dari bahan-bahan pilihan terbaik dan juga tinggi kalsium untuk membantu perkembangan tulang dan gigi.

Sumber kalsium tersebut berasal dari susu sapi segar, sehingga memiliki berbagai kebaikan susu untuk meningkatkan energi. Baik dikonsumsi anak dan seluruh anggota keluarga. Bila anak mengkonsumsi 3 Milkita Lolipop, memiliki kalori setara dengan segelas susu, sehingga mampu menambah energi.

Milkita Lollipop tersedia dalam rasa Cokelat, Stroberi, Melon, Mangga, Jeruk, Anggur. Rasanya enak buat jadi cemilan anak belajar di rumah.

Baca juga: Ketahui Beda dan Kegunaan antara Susu Evaporasi dengan Susu Kental Manis

 

Bagikan Artikel