Artikel

Konsumsi Konnyaku yang Kaya Serat Bantu Sistem Pencernaan Selama Berpuasa  

Post pada 20 Apr 2021

Saat masa bulan puasa seperti sekarang ini. Selain niat yang ikhlas, kesehatan juga perlu diperhatikan agar ibadah puasa lebih maksimal. Satu diantaranya kesehatan sistem pencernaan. Alasannya, pencernaan yang bermasalah bakal menghambat kelancaran berpuasa.
 
Lebih jauh lagi, sistem pencernaan yang sehat juga berkontribusi pada maksimalnya fungsi kekebalan dan meningkatkan metabolisme tubuh. Lantas, bagaimana mewujudkan pencernaan yang sehat selama berpuasa sebulan penuh?  
 
1. Perhatikan nutrisi saat sahur
 
Ketika berpuasa, tubuh mengalami perubahan sesuai dengan tempo tidak makan dan minum. Faktanya, tubuh memerlukan waktu 8 jam untuk menyerap nutrisi dari makanan terakhir. Artinya, tubuh mampu berpuasa bila diberi asupan terlebih dulu. Jadi, penting untuk makan sahur yang bergizi sebelum menjalani puasa dari terbit hingga tenggelamnya matahari.
 
2. Kebutuhan cairan
 
Sebanyak 60 persen tubuh kita terdiri atas air dan membutuhkan jumlah yang sama dengan cairan yang terbuang saat kita berpuasa. Untuk itu, minumlah secara teratur pada malam hari dan selama sahur guna membantu tetap waspada dan terhidrasi.
 
3. Jauhi pikiran negatif
 
Pikiran negatif akan mengundang stres. Stres yang berlebihan berpengaruh pada kesehatan pencernaan. Alhasil, upayakan berpikiran positif sehingga terhindar dari stres berlebih dan gangguan pencernaan.
 
4. Penuhi kebutuhan serat

Baca juga: Cara Praktis Penuhi Kebutuhan Vitamin C Anak yang Beranjak Remaja
 
Banyak manfaat yang bisa dirasakan ketika kebutuhan serat terpenuhi seperti menjaga kesehatan usus, menjaga kualitas tinja, dan terhindar dari konstipasi. Jangan lupa mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi ketika berbuka puasa maupun sahur. Konsumsi biji-bijian, sayuran, kacang polong, dan buah-buahan untuk memelihara pencernaan tubuh agar tetap sehat.
 
Tak lupa, lengkapi pola makan dengan mengkonsumsi cemilan yang dibuat dengan konnyaku tinggi serat PINO Jelly, yang hadir dengan berbagai keunggulan untuk membantu menjaga kesehatan anggota keluarga.
 
PINO Jelly terbuat dari konnyaku sebuah olahan makanan berasal dari ubi Jepang. Konnyaku sendiri cocok untuk dikonsumsi bagi yang sangat memperhatikan kesehatan dalam makanan. Kandungan serat yang tinggi dapat melancarkan pencernaan.
 
Mengonsumsi konnyaku memberi efek perut penuh dan kenyang sehingga menunda rasa lapar lebih lama. Selain itu serat konnyaku juga bisa menekan produksi ghrelin, hormon yang menstimulasi rasa lapar.
 
Selain itu, PINO Jelly juga kaya dengan kandungan vitamin C. Kalori yang terkandung dalam PINO Jelly pun tergolong rendah yaitu 70 kalori/cup sehingga aman untuk dikonsumsi harian.
 
Di pasar Indonesia, PINO Jelly tersedia dalam aroma dan rasa Mangga dan Nanas dengan kemasan cup 90 gram. Produk ini mudah didapatkan di toko-toko terdekat dan bisa dijangkau secara online di marketplace official Unifam di Tokopedia dan Shopee.
 
Baca juga: Pino Jelly High Vit C Bantu Tekan Rasa Was-was Tubuh Gendut Selama Pandemi

 
 
 

 

Bagikan Artikel