Artikel

Ketahui Beda dan Kegunaan antara Susu Evaporasi dengan Susu Kental Manis

Post pada 18 Mar 2021

Di pasaran banyak beredar jenis susu olahan. Susu bubuk, sweetened condensed milk atau susu kental manis (SKM), dan evaporated milk atau susu evaporasi. Lantas apa bedanya? Dan, apakah berbeda pula cara penggunaannya?

Okelah, mari dibahas lebih detail. Betul, susu kental manis dan susu evaporasi memiliki perbedaan dan kegunaan. Artinya, susu kental manis tak bisa gantikan susu evaporasi dan begitu sebaliknya.

Pada dasarnya, susu evaporasi adalah susu yang memiliki tekstur kental karena sudah berkurang kadar airnya. Hal ini terjadi karena susu evaporasi berasal dari susu cair segar yang mengalami proses pemanasan dengan suhu tinggi.

Lain halnya susu kental manis dimulai dengan proses yang sama seperti susu evaporasi. Susu segar direbus hingga volumenya menjadi setengah untuk menghasilkan produk krim kental. Kemudian ditambahkan gula. Proses ini membuat rasa susu kental ini menjadi manis.

Baca juga: Campurkan Milkita Kental Manis, Deretan Minuman Ini Spontan Makin Maknyus

Kandungan gula yang tinggi pada SKM menghasilkan tekstur yang kental dan terkesan lengket, selain itu gula inilah yang membuat SKM lebih awet meski disimpan hingga bertahun-tahun. Berbeda dengan susu evaporasi yang bertekstur lebih cair karena tidak adanya tambahan gula saat proses pembuatannya. Selain itu, masa simpan susu evaporasi pun lebih pendek dibanding SKM. 

Meski berbeda, kedua susu tersebut memiliki kegunaan untuk pengolahan makanan. Susu evaporasi bisa langsung dicampurkan dalam adonan kue atau dicairkan terlebih dahulu. Susu kental manis biasanya digunakan untuk makanan penutup (dessert). Susu kental manis juga sering dipakai untuk membuat roti.

Keduanya juga bermanfaat bagi kesehatan karena memiliki kalsium dalam kandungannya. Kandungan protein dan kalori yang cukup tinggi dalam susu evaporasi dan susu kental manis menjadikannya baik sebagai sumber energi. Selain itu, protein di dalamnya juga berperan dalam menjaga fungsi sel-sel dalam tubuh dan otot.

Ada berbagai merek susu evaporasi dan susu kental manis yang beredar di Indonesia. Salah satunya, PT United Family Food (Unifam) yang menjual Milkita Kental Manis. Milkita Kental Manis dapat digunakan sebagai penambah rasa minuman, dituangkan di atas makanan penutup, atau bisa juga jadi isian roti tangkap. Susu kental manis Milkita juga bisa jadi pengganti fungsi krimer.

Milkita Kental Manis mengandung kalsium yang tinggi dan fosfor. Terbuat dari susu segar, susu kental manis Milkita berkhasiat menjaga kesehatan tulang, dan membantu pertumbuhan tulang anak- anak.

Baca juga: Bahan Baku Unifam dari Susu Sapi Segar Berkualitas

 


 

Bagikan Artikel