Artikel

Kinerja Unifam Meningkat di Tengah Pandemi Covid-19, Penjualan Tumbuh Hingga 18 Persen

Post pada 03 Feb 2021

Sumber Artikel : Pikiran-rakyat.com

Penulis :  Aldiro Syahrian

PIKIRAN RAKYAT - Di tengah pandemi Covid-19 yang terjadi sejak Maret 2020 turut meningkatkan penjualan PT United Family Food (Unifam).

Perusahaan makanan dan minuman lokal Indonesia ini pada segmen produk permen seperti Milkita, Super Zuper dan Jagoan Neon mencatatkan pertumbuhan penjualan mencapai 18 persen bila dibanding tahun 2019.

Pertumbuhan ini dirasakan Unifam mulai kuartal pertama 2020. Hal ini membuat Unifam percaya diri hingga di akhir tahun 2020.

Selain memproduksi permen, Unifam juga memproduksi Milkita Kental Manis, Pino Ice Cup dan Kiko Ice Stick yang diproduksi secara lokal di pabrik Cikande Serang Banten.
Produk-produk Unifam mengalami penguatan pangsa pasar dan keberhasilan penerimaan produk menjadi penopang pertumbuhan Unifam. Pasar domestik masih menjadi penyumbang dominan bagi penjualan Unifam.

Selain memasarkan produknya di Indonesia, Unifam juga melakukan ekspor. Untuk pasar ekspor juga menunjukan pertumbuhan positif sebesar 8 persen (YOY) sepanjang tahun 2020 lalu.

Sebagai informasi, saat ini Unifam memiliki cabang di 4 (empat) negara besar seperti USA, Vietnam, Filipina dan China ini telah melakukan ekspor semenjak tahun 2003.

Ekspansi pasar ekspor dari tahun ketahun semakin luas hingga ke 20 negara dan pada tahun 2020 berhasil menambahkan Maldives, Vanuatu dan Fiji sebagai negara tujuan ekspor baru. Produk Milkita masih menjadi backbone sebagai produk ekspor ke beberapa negara.

Selain Milkita, produk yang diekspor oleh Unifam yaitu Jagoan Neon, Kiko Ice Stick, Pino Ice Cup, Super Zuper dan Milkita Kental Manis.

Wishnu Pramuji, COO PT United Family Food (Unifam) menungkapkan kondisi pandemi tahun lalu memang menjadi tantangan. Namun hal ini justru memberikan peluang bagi pihaknya dikarenakan pola konsumsi konsumen di masa pandemi yang mengalami perubahan.

"Menyongsong tahun 2021, tentunya kami optimis untuk pencapaian positif. Berbagai inovasi produk sudah kami siapkan untuk memenuhi kebutuhan pasar," ujar Wishnu dalam keterangannya.

Bagikan Artikel