Article

Ketahui Bahaya Bila Anak Dibiarkan Mainan Air Banjir

Post On 21 Nov 2022

Hampir semua anak suka main hujan-hujanan. Kadang kala situasi ini bikin bunda dilema. Di satu sisi khawatir si kecil jatuh sakit, di saat bersamaan mainan air hujan adalah cara anak belajar banyak hal.

Yup, bermain hujan banyak manfaatnya bagi si kecil. Misalnya meningkatkan kemampuan motoriknya karena seluruh badannya bergerak aktif saat bermain air hujan. Kemudian merangsang imajinasi dan kreativitas.

Hanya yang perlu bunda tekankan, hindari si anak bermain air banjir yang biasanya terjadi setelah hujan deras turun. Air banjir bukanlah wahana permainan yang cocok bagi si kecil. Ada beberapa hal yang perlu bunda waspadai bila si kecil bermain air banjir.

BACA: Cara Mudah dan Menyenangkan agar Si Kecil Doyan Makan Buah

1. Air banjir banyak membawa kuman

Beda dengan air hujan yang turun langsung dari langit, air banjir sudah terkontaminasi banyak kuman karena sudah tercampur dengan aneka limbah. Misalnya saja sudah terpapar e-Coli, virus hepatitis, Salmonella, dan lain-lain.

2. Risiko terluka akibat benda asing

Potensi anak terluka akibat benda asing saat bermain air banjir sangat terbuka lebar. Entah di kaki, tangan, atau anggota tubuh lain. Banjir yang biasanya berwarna keruh akan sangat sulit mendeteksi benda-benda di bawahnya. Bila si kecil terluka akibat benda asing saat bermain air banjir, maka dia harus mendapat suntikan tetanus.

3. Tenggelam

Sudah banyak berita yang mengabarkan anak kecil hanyut tenggelam akibat bermain banjir. Tentu saja ini sangat menyedihkan. Tubuh mungilnya akan sangat sulit melawan arus banjir yang setiap saat dapat menyeretnya ke tempat lain.

4. Tersengat listrik

Faktor lain yang perlu diwaspadai adalah potensi tersengat listrik. Air adalah penghantar listrik sehingga ketika suatu kawasan tergenang banjir maka sangat rawan terkena sengatan listrik.

Setidaknya itulah empat potensi yang membahayakan anak bila bermain air banjir. Ketimbang melarangnya dengan keras, bunda sebaiknya menjelaskan dengan panjang kepada si kecil terkait bahaya bermain air banjir.

BACA: Apakah Bunda Ketahui Tanda Anak Kelebihan Asupan Garam?

Jika memang anak sangat ingin bermain, maka berikan durasi yang singkat. Selain tetap dalam pengawasan, bunda harus tetap menjaga kebersihan pada si kecil. Pastikan dia mandi bersih, mencuci tangan, dan segera keringkan tubuhnya. Bukan itu saja, berikan si kecil minum air hangat.

Jangan lupa untuk mengunjungi Instagram PINO Indonesia, Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM.


 

Share This Article