Artikel

Kenali Dulu Faktor yang Pengaruhi Anak Bermain, Baru Pilah Jenis Permainannya

Post pada 24 May 2022

Dunia anak adalah dunia bermain. Fix, sepakat dengan pernyataan itu kan? Bagi anak-anak, bermain adalah sarana mereka belajar dengan cara yang menyenangkan. Melalui bermain, anak akan menjelajahi dunia dengan sudut pandang mereka. Bermain juga mengasah keterampilan dan mengembangkan kreativitas anak.

Pendek kata, bermain adalah bagian dari fase tumbuh kembang si kecil. Meski anak banyak dihabiskan untuk bermain, sebaiknya bunda turut melibatkan diri. Hanya yang perlu digaris bawahi, bermain harus inisiatif anak dan atas keputusan anak itu sendiri.

Dengan begitu, semua aktivitas bermain yang menyenangkan tetap terjaga sehingga menghasilkan proses pembelajaran. Sedangkan peran orangtua ada di sisi monitoring pada permainan yang tepat dan relevan dengan usia tumbuh kembangnya.

BACA: Latih Anak Belajar Bertanggung Jawab dengan Akui Ruang Privatnya

Berikut ini ada sejumlah faktor yang dapat menjadi perhatian bunda yang mempengaruhi permainan dan berdampak pada tumbuh kembang si kecil.

1. Kesehatan

Anak yang sehat maka akan menjadi aktif dalam bermain. Alhasil, permainan yang menuntut gerakan fisik sangat dibutuhkan.

2. Perkembangan motorik

Perkembangan motorik adalah proses tumbuh kembang kemampuan gerak anak. Perkembangannya beriringan dengan kematangan saraf dan otot anak.

3. Intelegensia

Permainan akan merangsang kecerdikan anak. Rata-rata, anak yang lebih pandai akan lebih aktif dan gaya permainan mereka mencerminkan kecerdikannya.

4. Lingkungan

Lingkungan juga mempengaruhi pola permainan anak. Lingkungan yang buruk cenderung kurang menopang dan merangsang anak bermain.

5. Status sosial

Harus diakui, status sosial turut berperan dalam mempengaruhi pilihan permainan anak.

Kelima faktor itu mempengaruhi permainan anak. Di sinilah bunda dapat menentukan jenis permainan yang tepat sehingga memaksimalkan manfaat dari aktivitas bermain. Bunda juga sebaiknya perlu menahan diri agar tidak terlalu memonopoli jenis permainan yang disukai anak.

BACA: Miliki Segudang Manfaat, Ini Trik Buah Hati Gemari Sayuran dan Buah

Alangkah eloknya bila bunda memberi pengetahuan baru seputar permainan tradisional yang menyenangkan dan melibatkan seluruh anggota keluarga. Sebut saja permainan engklek. Jenis permainan ini tidak hanya membuat suasana seru, tapi si kecil juga dapat belajar keseimbangan dan kearifan budaya.

Opsi lainnya adalah lompat tali. Permainan ini cocok untuk menyalurkan energi berlebih si kecil. Dia akan tertantang untuk lompat setinggi-tingginya. Sedangkan permainan yang merangsang kecerdikan bisa memilih ‘Ular Tangga’. Di sini si kecil juga akan belajar berhitung dan memikirkan strategi untuk menang.

Terakhir, jangan lupa beri dia apresiasi dengan menyiapkan minuman segar macam Pino Es Serut Buah. Aktivitas bermain pasti membuat energi terkuras. Kembalikan lagi semangat dan energi mereka dengan minuman dingin Pino Es Serut Buah. Pastinya, wajah lelah mereka akan kembali ceria!

Jangan lupa untuk mengunjungi Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM.


 

Bagikan Artikel