Artikel

Kecerdasan Anak Makin Terasah Bila Aktif Terlibat dalam Aktivitas Berbelanja

Post pada 17 Jun 2022

Ajak anak belanja ke pasar kadang menyenangkan dan kadang merepotkan, tapi tetap saja mengajak maupun melibatkan anak berbelanja bagian dari keputusan yang penting. Meski siap-siap merepotkan, kenapa tidak membangun point of view yang positif. Mengajak atau mendorong anak berpartisipasi dalam berbelanja dapat membantunya belajar banyak hal.

Si kecil akan terlatih berkomunikasi dengan orang lain, mengetahui nilai barang, nilai uang, dan pemetaan lokasi. Kemampuan itu akan terbentuk bila Si Kecil rutin dilibatkan oleh bunda dalam aktivitas berbelanja. Nah, mau tahu lebih detail apa saja benefit mengajak dan melibatkan anak dalam aktivitas belanja? Yuk simak penjelasannya ini.

1. Latih keberanian berkomunikasi

Sifat pemalu anak dapat diminimalisir bila dia terbiasa berbelanja. Entah itu ke warung dekat rumah maupun pasar. Dia akan terbiasa berinteraksi dengan orang lain dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi. Misalnya saja dalam kegiatan tawar menawar barang.

2. Latih berhitung

Ada transaksi dalam setiap aktivitas belanja. Secara langsung, anak akan belajar memperhitungkan nilai barang dan nilai uang. Di samping itu, anak dapat mengkalkulasi nilai uang yang dimiliki dapat cukup untuk menebus barang apa saja.

BACA: Kalau Anak sudah Masuk Kategori Overweight, Aku Mesti Gimana?

3. Belajar ambil keputusan

Saat berbelanja, anak secara tak langsung terlatih mengambil keputusan. Minimal ada dua, beli atau tunda dulu. Di samping itu, anak akan terbangun kemampuan argumentatifnya dalam setiap aktivitas belanja dalam mempertahankan keputusan yang dibuat.

4. Belajar mandiri

Membiasakan anak belanja ke warung atau minimarket dekat rumah akan membentuk rasa percaya diri. Dia tak akan takut lagi keluar rumah untuk berbelanja. Dia juga tak khawatir lagi bila salah membeli barang.

5. Melatih daya ingat

Anak akan memaksimalkan daya ingatnya ketika tiba di warung atau kios. Dia akan mengingat jenis dan wujud barang apa yang dibeli sekaligus harganya. Selain itu, dia juga akan mengingat-ingat instruksi dan pesan bunda saat berbelanja.

Misalnya saja saat diminta tolong beli Pino Es Serut Buah. Dia akan mengobservasi kemasan Pino Es Serut Buah. Mulai dari kemasan yang didominasi warna biru, gambar imut Penguin, dan memastikan tulisan yang tertera adalah ‘Pino Es Serut Buah’.

BACA: Latih Anak Belajar Bertanggung Jawab dengan Akui Ruang Privasinya

Sudah kebayang bukan bila belanja itu dapat menjadi media pembelajaran bagi si kecil. Sebagai langkah awal, sebaiknya tetap awasi anak dalam jangkauan dan jangan sampai lengah. Perhatikan gerak-gerik anak. Satu hal lagi, jangan lupa juga beri apresiasi si dia dengan menghadiahi Pino Es Serut Buah yang tersedia dengan aneka rasa buah dan menyegarkan.

Jangan lupa untuk mengunjungi Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store dan instagram PINO Es Serut Buah untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM.

 

 

 

 

 


 

Bagikan Artikel