Kata Pakar

Kebahagiaan Anak Tidak Hanya Diukur dari Ciri-ciri Fisik Saja

Post pada 31 Dec 2022

Artikel Ini Diulas Psikolog Desti Apryanggun, M.Psi., Psikolog dari Kalbu 

Ayo bunda, luangkan waktu bermain bersama anak! Ini bukan sekadar ajakan, tapi anak akan tumbuh bahagia bila sering menghabiskan waktu bersama bunda. Bahkan secara ilmiah ini terbukti lho..

Menurut studi Child Happines, anak cenderung lebih happy saat bermain bersama bunda ketimbang bermain bersama teman sebaya maupun adik atau kakaknya. Sayang, hanya separuh orangtua saja yang selalu terlibat dalam berbagai kegiatan bersama si kecil.

Keterlibatan bunda dalam kegiatan si kecil kadang suka terbaikan. Kebanyakan orangtua lebih memerhatikan kecukupan dan asupan gizi sehingga sering secara sekilas menilai kebahagiaan anak-anak berdasarkan ciri-ciri fisik saja. Seperti aktif bergerak maupun menunjukkan ekspresi ceria yang diartikan berarti sudah cukup bahagia.

BACA: Melatih Anak Gemar Bersedekah Bagus untuk Bentuk Kepribadian

Meskipun ada pula sebagian orangtua yang menyadari pentingnya keterlibatan pada kegiatan anak. Biasanya ini disebut dengan ‘quality time’ bersama anak. Meski begitu, jangan salah memahami bahwa quality time bukan hanya sebatas kuantitas waktu yang dihabiskan dengan anak saja, tetapi ini tentang memanfaatkan waktu dengan berkualitas saat bersama anak.

Memang sih, menghabiskan waktu panjang bersama anak merupakan tantangan tersendiri. Apalagi bagi bunda yang juga aktif menekuni karir di luar rumah. Kehidupan modern sering kali memaksa bunda harus piawai mengelola waktu, baik di rumah maupun di kantor.

Belum lagi tantangan lainnya seperti kehadiran gadget yang suka menyita waktu. Entah sekadar mengecek email, menikmati tontonan video pendek di reels Instagram atau TikTok, dan lain sebagainya.

Maka itu, menghabiskan waktu bersama anak menjadi tantangan tersendiri. Menghabiskan waktu di sini tak sekadar kehadiran fisik saja, tapi juga menuntut keterlibatan emosional dari bunda. Disarankan bunda bisa melakukan quality time dengan anak setidaknya 30 menit setiap harinya.

Solusi agar keterlibatan dalam kegiatan anak lebih maksimal, sebaiknya bunda tidak hanya berfokus pada jenis aktivitas yang dilakukan saja. Lebih baik, bunda memusatkan perhatian pada waktu bersama yang dihabiskan. Apapun kegiatannya, yang penting bunda benar-benar terlibat di dalamnya maka waktu akan terasa lebih berkualitas meskipun dalam waktu terbatas. Lebih afdol lagi bila saat menghabiskan waktu bersama si kecil dengan menjauhkan distraksi.

Kemudian yang tak kalah penting saat berinteraksi dengan anak, upayakan agar bunda melakukan kontak mata alias eye to eye contact. Dengan begitu, anak akan merasa dirinya menjadi penting di hadapan bunda.

Dengan mengimplementasikan konsep tumbuh bahagia yang bukan hanya sekedar memperhatikan ciri-ciri fisik saja, percayalah si kecil akan memiliki daya tahan terhadap stres maupun tantangan hidup di masa depan. Di saat bersamaan, bunda juga akan menikmati rasa bahagia di mana menyaksikan buah hati menjadi pribadi yang bisa menularkan kebahagiaan ke sekelilingnya.

BACA: : Larang Anak Jajan Nggak Mugkin, Opsinya Siapkan Rambu-rambunya

Solusi agar keterlibatan dalam kegiatan anak lebih maksimal, sebaiknya bunda tidak hanya fokus pada jenis aktivitas yang dilakukan saja. Lebih baik, bunda memusatkan perhatian pada waktu bersama yang dihabiskan. Lebih afdol lagi bila saat menghabiskan waktu bersama dengan si kecil itu tidak ada distraksi.

Kemudian yang tak kalah penting saat berinteraksi dengan anak, upayakan agar bunda melakukan kontak mata alias eye to eye contact. Dengan begitu, anak akan merasa dirinya menjadi penting di hadapan bunda.

Dengan mengimplementasikan konsep tumbuh bahagia, percayalah si kecil akan memiliki daya tahan terhadap stres maupun tantangan hidup di masa depan. Di saat bersamaan, bunda juga akan menikmati rasa bahagia di mana menyaksikan buah hati menjadi pribadi yang bisa menularkan kebahagiaan ke sekelilingnya.

Jangan lupa untuk mengunjungi Instagram PINO Indonesia, Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM.  

 

Bagikan Artikel