Artikel

‘Kalau Anak sudah Masuk Ketegori Overweigth, Aku Mesti Gimana?’

Post pada 31 May 2022

“Duh, kira-kira anak gue udah overweight belum ya?” Kalau dengar kalimat ini, sudah cukup menandakan ada bunda yang lagi bingung. Apakah ini pertanda anak sudah mesti dikenalkan program diet? Begitu ada pertanyaan ini, muncul lagi yang berikutnya, diet macam apa yang cocok buat si kecil?

Bicara diet untuk anak, pastinya berbeda dengan yang dewasa. Bisa jadi program diet bagi orang dewasa berhasil, tapi untuk anak? Belum lagi bicara yang dimaksud anak sudah berkategori overweight itu bagaimana?

Justru munculnya pertanyaan itu sudah menandakan hal yang baik. Artinya, bunda telah memonitor dengan cermat pertambahan berat badan si kecil. Maklum, pertambahan berat badan yang ideal mencerminkan masa pertumbuhan yang optimal.

Balik lagi bicara soal anak yang overweight. Langkah yang terbaik untuk mengetahuinya dengan mencari tahu berat badan yang tepat. Agar lebih valid, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter anak. Dengan demikian, bunda tidak perlu mengira-kira.

 

BACA: Latih Anak Belajar Bertanggung Jawab dengan Akui Ruang Privasinya

Kalau pun dinilai overweight, solusinya dengan mengenalkan si kecil akan gaya hidup sehat. Lagi pula, bukan ide yang tepat bila menggunakan suplemen atau obat agar anak mendapatkan berat badan yang ideal. Kecuali, opsi itu berasal dari dokter anak.

Agar anak mendapatkan berat badan yang ideal, coba deh menerapkan beberapa ide sederhana berikut ini.

1. Mulai dari keseharian

Latihlah si kecil menerapkan pola makan sehat dengan mengedepankan asupan gizi seimbang. Kemudian di sela-sela waktu makan bisa dikenalkan dengan camilan sehat yang mengandung buah atau kacang-kacangan. Biar anak tak bosan, boleh saja sesekali mengkonsumsi makanan cepat saji. Cuma dengan catatan, jangan berlebihan.

2. Makan bareng

Makan bareng juga menjadi strategi mengenalkan makanan yang kaya akan nutrisi. Si kecil akan tertular kebiasaan makan makanan sehat dari ayah dan bunda secara langsung. Makan bareng di sini bukan berarti saat jam makan malam saja, bisa saja kok mengajak si kecil sarapan. Tujuannya agar dia terbiasa sarapan sebelum beraktivitas.

3. Konsisten kenalkan buah dan sayur

Sudah jamak anak kecil kurang doyan sayuran dan buah. Apalagi bila dia termasuk tipikal yang suka pilih-pilih makanan. Bunda tetap jangan menyerah. Banyak cara yang bisa dilakukan agar anak terlatih menyukai buah dan sayuran. Misalnya dengan mencampur sayuran dalam menu spaghetti atau nasi goreng. Atau bisa juga mengenalkan dia dengan beragam rasa buah lewat Pino Es Serut Buah. Ini bisa menjadi cara membuat anak mengenal buah-buahan deengan cara menyenangkan.

BACA: Daftarkan Balita ke Prasekolah Tak Wajib Asal Pertimbangkan ...

4. Pastikan anak tetap energik dan aktif bergerak

Anak yang energik dan aktif bergerak akan mengundang rasa lapar. Tubuhnya akan memberi sinyal membutuhkan nutrisi agar terus menopang keaktivannya bergerak. Selain itu, anak yang aktif bergerak secara langsung akan menguras kalori di dalam tubuh.

Itu beberapa ide sederhana untuk memastikan anak tetap memiliki berat badan yang ideal. Bila belum ada perubahan berarti alias dinilai masuk kategori overweight, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan ahli nutrisi atau gizi.

Jangan lupa untuk mengunjungi Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM.

 


 

Bagikan Artikel