Artikel

Jangan Buru-buru Labeli Pelit ketika Anak Enggan Berbagi Makanan

Post pada 27 Sep 2022

Si kecil marah ketika diminta berbagi makanan? Lumrah kok. Tak perlu dibesar-besarkan. Toh, anak-anak memang  belum paham betul konsep berbagi. Jadi jangan dilabeli punya sifat pelit hanya gara-gara kasus enggan berbagi.

Enggan berbagi sebenarnya adalah proses balita sedang mengembangkan konsep ego dan itu sesuatu yang alami. Atas dasar itu, tidak mengherankan bila fokusnya baru berputar pada perasaan maupun keinginannya.

Secara mental, dia memang belum memahami artinya berbagi. Dia dalam fase mulai memahami arti kepemilikan sehingga dapat membedakan barang miliknya dan bukan miliknya. Meski tidak sedang lapar maupun itu bukan makanan favoritnya, tapi dia enggan berbagi dengan siapa pun.

Justru di sinilah bunda yang aktif memahami situasi di mana di usia balita adalah sesuatu yang alami jika yang dipikirkan adalah dirinya sendiri. Si kecil cenderung memandang dirinya sebagai individu yang  terpisah dengan orang lain.

BACA: Yuk Mulai Bangun Tradisi Pillow Talk yang Konsisten Bareng Anak

Maka itu, coba diobservasi kemungkinan apa saja yang membuat si kecil enggan berbagi makanan.

1. Memang lagi lapar

Harus diakui, ketika si kecil lagi lapar maka sudah pasti enggan berbagi makanan. Jadi, bunda di sini mesti lihai memberikan porsi makanan yang cukup untuk si kecil. Lebih-lebih ketika makanan itu makanan favoritnya.

2. Si kecil merasa itu makanan favorit

Ketika Permen Susu Milkita adalah camilan favoritnya, maka dia enggak akan ikhlas berbagi dengan siapa pun. Ketika bunda berhadapan dengan situasi ini, ada baiknya jangan memaksa anak berbagi. Alangkah baiknya bila bunda memberi contoh dulu dengan berbagi Permen Susu Milkita ke temannya. Bisa jadi dia akan mau mencobanya.

3. Khawatir tidak dapat lagi

Bisa jadi alasan si kecil enggan berbagi makanan karena merasa tidak akan dapat lagi. Jadi ada rasa kekhawatiran yang melahirkan kekecewaan jika makanan yang disukainya sudah habis. Padahal di saat bersamaan, si dia masih sangat menginginkannya.

BACA: Alasan Kuat Kenapa Anak Perlu Dilatih Jadi Pribadi yang Humoris

4. Cara memintanya tidak membuat si kecil nyaman

Adakalanya saat si kecil dimintai berbagi makanan, dia merasa tidak nyaman. ketidaknyamanan ini bisa jadi berangkat dari cara meminta yang kasar atau tidak sopan. Bahkan bisa pula karena pengalaman buruk sebelumnya saat dimintai untuk berbagi makanan.

Nah dari berbagai kemungkinan itu, bunda bisa menyikapinya dengan bijaksana. Tentu saja yang butuh kesabaran lebih. Toh, bunda lagi berhadapan dengan anak-anak yang masih kuat keegoisannya. Perlu latihan tiap hari dengan pendekatan yang tepat dan berulang-ulang agar anak memahami konsep berbagi.

Jangan lupa untuk mengunjungi Instagram PINO Indonesia, Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM.


 

Bagikan Artikel