Artikel

Its Ok Minum Dingin saat Haid, Justru Ada Tiga Manfaatnya

Post pada 29 Jul 2022

Menstruasi atau haid seringkali datang dibarengi dengan keluhan macam perut kembung, sakit kepala, kram, masalah pencernaan, mual, kelelahan, dan sebagainya. Tak heran bila keluhan itu turut bertanggung jawab terhadap emosi wanita.

Memang sih, menstruasi terjadi akibat perubahan hormon. Inilah yang menjadi pangkal ketidaknyamanan yang dirasakan wanita yang berpengaruh pada suasana hati. Meski menjadi ‘tamu bulanan’, ternyata ada kok solusi agar keluhan itu tidak menjadi parah.

BACA: Bunda, Bantu Anak Terampil Isi Waktu Luang, Yuk!

Satu di antaranya dengan menjaga jarak dulu dengan beberapa makanan dan minuman selama masa haid. Yuk kita kupas bareng-bareng makanan dan minuman apa saja yang dimaksud tadi.

1. Kopi

Kafein yang terkandung dalam kopi dapat memperburuk kram dan nyeri saat haid. Seperti dikutip dari healthline.com, kafein memicu perut kembung sekaligus masalah pencernaan. Inilah pangkalnya kenapa minum kopi dapat memperburuk gejala haid. Jika terbiasa minum kopi, ada baiknya membatasi dulu selama masa haid.

2. Makanan pedas

Haid membuat organ pencernaan lebih sensitif. Maka itu, sebaiknya dibatasi dulu dan perhatikan tanda-tanda yang diberikan tubuh saat mengkonsumsi makanan pedas agar tahu level toleransinya saat haid.

3. Camilan dengan kadar garam

Kadar garam yang tinggi biasanya terdapat dalam camilan atau makanan olahan. Padahal, terlalu tingginya kadar garam dalam tubuh dapat memicu resistensi air dan memicu kembung. Solusinya adalah dengan menahan diri dulu mengkonsumsi camilan dengan kadar garam tinggi.

4. Minuman bersoda

Minuman bersoda tidak hanya mengandung kadar gula yang tinggi tapi juga ada kafein yang dapat memperburuk keluhan haid. Apalagi minuman jenis ini dapat meningkatkan potensi penyakit diabetes maupun obesitas.

Agar keluhan haid tidak menjadi-jadi, sebaiknya mengkonsumsi buah-buahan yang kaya air seperti semangka maupun mentimun. Buah yang kaya air sangat bagus untuk tubuh karena dapat menghindari dari dehidrasi.

BACA: Boleh Nggak Anakku Minum Minuman Kemasan Dingin, Ini Kata Pakar Gizi

Biar makin nyaman mengkonsumsinya, bisa saja membuat minuman dari potongan buah yang dicampur dengan Pino Es Serut Buah kaya vitamin yang Seru nyerutnya  segeerr es nya . Ternyata minuman dingin yang dikonsumsi saat haid tidak akan mempengaruhi siklus haid. Bukan hanya itu, minum es saat haid dapat bermanfaat meningkatkan detak jantung, mencegah konstipasi dan mengurangi nyeri haid. Oh ya, jangan lupa untuk minum air mineral seusai menikmati minuman campuran potongan buah dan Pino Es Serut Buah.  

Jangan lupa untuk mengunjungi Instagram PINO Indonesia, Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM.  


 

Bagikan Artikel