Article

Ini yang Sebaiknya Bunda Lakukan agar Anak Terbiasa Lagi Belajar Tatap Muka

Post On 13 May 2022

Pemerintah akhirnya menetapkan lagi pembelajaran tatap muka. Artinya, anak-anak akan kembali ke sekolah. Bagaimana reaksi buah hati? Bisa jadi dia akan kegirangan. Maklum, sudah lama mereka merindukan sekolah. Bersua guru, bermain dengan teman-teman, dan kangen berkumpul di kelas.

Meski begitu, euforia bersekolah lagi jangan sampai mengabaikan situasi yang masih pandemi. Bahkan pemerintah pun masih tetap memberlakukan kebijakan PPKM alias Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat dengan level yang berbeda-beda di tiap daerah.

Di samping pihak sekolah, orangtua pun wajib pula berpartisipasi terhadap kelancaran belajar-mengajar. Tentu saja dengan mempersiapkan anak dengan baik sebelum pembelajaran tatap muka dimulai.

Sebut saja dengan membekali anak dengan informasi seputar Covid-19. Selain memastikan sudah mendapat vaksinasi, jelaskan juga bila pandemi masih ada. Terangkan kepadanya apa saja yang perlu dilakukan agar terhindar dari penularan virus Covid-19. Termasuk di sini juga gejala-gejala umum bila tertular.

BACA: Siasat Simpel Balik Semangat Produktif Lagi Usai Liburan Panjang Lebaran

Kemudian, tekankan agar tidak abai dengan protokol kesehatan. pastikan masker terus terpakai di wajah dan selalu menjaga kebersihan tangan. Lalu, ingatkan agar menjaga barang-barang pribadi dengan seksama.

Bila semua itu dirasa belum cukup, ada sejumlah hal yang dapat dilakukan agar Bunda agar anak lebih bersemangat kembali ke sekolah.

1. Bantu kembalikan rutinitas harian

Ajak anak memulai lagi rutinitas harian lagi seperti tidur lebih awal dan bangun lebih pagi. Bisa jadi, masa belajar online mempengaruhi rutinitas harian.

2. Ajak anak tur sekolah

Tidak ada salahnya mengajak anak untuk tur ke sekolah sebelum resmi masuk sekolah. Selain membantu anak, langkah ini juga dapat menekan kecemasan Bunda seputar kesiapan sekolah menyelenggarakan pembelajaran offline.

3. Siapkan ganjaran usai sepulang sekolah

Cobalah berikan sesuatu yang spesial sepulang sekolah seperti camilan favoritnya. Sebut saja seperti Pino Es Serut Buah. Dalam kemasan cup yang praktis, Pino Es Serut Buah tersedia dalam rasa buah-buahan yang segar. Bayangkan nikmatnya Pino Es Serut Buah ketika dikonsumsi sepulang sekolah, terlebih saat cuaca panas. Anggap ini sebagai bentuk perayaan atas dimulainya lagi pembelajaran offline.

BACA: Kesegaran Pino Ice Cup Jadi Andalan Camilan Pemersatu Semua Anggota Keluarga

4. Beri kepercayaan penuh

Sudah saatnya anak dilatih mandiri untuk mempersiapkan dirinya ke sekolah. Misalnya dengan membiarkan dia memilih sepatu, tas, dan perlengkapannya yang digunakan di sekolah. Ini akan membuat anak punya kendali dan lebih percaya diri.

Penutup, jangan lupa pasang wajah bahagia saat melepas anak ke sekolah. Ini adalah momen yang dinanti anak setelah dua tahun terpaksa jauh dari sekolah akibat pandemi.

Jangan lupa untuk mengunjungi Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM.

 

Share This Article