Article

Ini Topik Seru Bahas Permen Lolipop yang Eksis Sejak Zaman Batu Bareng Si Kecil

Post On 22 Feb 2023

Nyaris semua anak tidak bakal menolak tawaran permen lollipop. Bukan sekadar rasanya yang manis, tapi bentuknya juga disukai anak-anak. Merujuk asal-usul, kata lollipop berasal dari Romawi. Lolli artinya lengket, sedangkan pop atau papa bermakna terkenal.

Nah, nama lollipop ini sendiri mulai dikenal karena tradisi orang Roma yang suka menjual permen apel yang diberi tangkai.  

Ternyata, jauh sebelum jadi camilan enak buat orang Romawi, permen lollipop diduga sudah eksis sejak zaman purba. Saat masih mengandalkan makanan dari alam, manusia purba menikmati madu dengan tongkat.

Kemudian di masa modern, permen lollipop juga diketahui juga ditemukan dalam tradisi bangsa Arab, Tiongkok, dan Mesir Kuno. Di masa itu, orang-orang sudah memproduksi permen yang berbahan baku buah-buahan atau kacang-kacangan.

BACA: Benarkah Mainan Elektronik Berdampak Negatif untuk Tumbuh Kembang Anak?

Bahan baku tadi dicampur dengan madu atau gula yang kemudian dibentuk seperti bola-bola kecil. Lalu, dengan tangkai pendek agar mudah dimakan dengan cara diemut atau dijilat.

Bahkan ada catatan yang menyebutkan bila permen lollipop sudah eksis sebelum abad ke-17 di benua Asia dan Afrika. Bahkan catatan sejarah lain bilang bila lollipop ditemukan saat perang saudara meletus di Amerika di rentang tahun 1861-1865.

Seabad kemudian, warga Amerika mulai mengenalkan konsep permen lollipop. Walau sudah jadi camilan sejak zaman batu, tapi sebutan lollipop baru dikenal luas pada tahun 1908. Kala itu, pemilik perusahaan The Bradley Smith, George Smith, yang menamai permen dengan tangkai itu dengan sebutan lollipop.

Ternyata ada kisahnya dibalik nama itu. Nama Lollipop terinspirasi dari tempat pacuan kuda, yakni Lolly Pop. Barulah nama itu dipatenkan di tahun 1931. Alhasil, namanya masuk dalam sejarah panjang camilan permen lollipop.

Seiring perjalanan waktu, permen lollipop mulai diproduksi besar-besaran. Teknologi mesin produksi pun semakin canggih seperti yang pernah dibuat perusahaan The Racine Confectioners Machinery. Mesin ini sanggup memproduksi 2.400 permen lollipop dalam tempo 60 menit.

Perkembangan permen lollipop di Indonesia juga menarik disimak. Adalah Permen Susu Milkita Lollipop yang sudah dikenal luas. Dalam bentuk lollipop, Permen Susu Milkita hadir dengan kemasan yang menarik.

Pas dibuka, warnanya pun menyegarkan. Dan rasanya, sudah pasti rasa susu yang di lidah terasa pas manisnya. Permen Susu Milkita Lollipop ini menjadi camilan yang aman untuk anak karena bahan bakunya berasal dari susu segar murni.

BACA: Bunda Wajib Bangun Kedekatan dengan Si Kecil Sejak Dini

Milkita Lollipop merupakan lollipop susu berkualitas yang dibuat dengan susu asli New Zealand. Selain rasanya yang enak, Milkita Lollipop juga memiliki kandungan Kalsium yang tinggi, sehingga baik untuk dikonsumsi setiap hari oleh seluruh anggota keluarga.

Keunggulan Milkita yakni satu-satunya Lollipop susu yang dibuat dengan susu asli berkualitas. Perpaduan nikmatnya buah dan susu yang creamy menjadikan Milkita Lollipop sebagai snack pilihan utama Ibu dan seluruh anggota keluarga.  Milkita Lollipop tersedia dalam rasa: Cokelat, Stroberi, Melon, Mangga, Jeruk, Anggur

Menarik bukan jejak permen lollipop  yang ternyata sudah mapan sejak zaman batu. Nah, wawasan seputar lollipop ini bisa jadi topik seru ngobrol bareng si kecil sambil menunjukkan Permen Susu Milkita lollipop. Ajak dia membayangkan manusia purba menikmati permen lollipop!

Kunjungi lapak official Unifam untuk mendapatkan Pino Es Serut Buah di Shopee dan Tokopedia.


 

Share This Article