Artikel

Ini Keuntungan Mengikuti Program Management Trainee  

Post pada 29 Oct 2021

Program Management Trainee (MT) pasti sudah tidak asing lagi, terutama di kalangan fresh graduate. Dari program kerja inilah, seseorang bisa mendapatkan jenjang karir yang pasti, bahkan memungkinkan untuk dipromosikan pada level manajemen secara cepat.
 
Nah, istilah Management Trainee sendiri mengacu pada sebuah pelatihan kerja, yang diselenggarakan oleh suatu perusahaan guna mendapatkan karyawan yang kompeten serta loyal.
 
Baru-baru ini PT United Family Food (UNIFAM) perusahaan makanan dan minuman juga telah program Management Trainee (MT). Proses seleksi program pun telah berlangsung dari Juli hingga September 2021. Tercatat sebanyak 9.000 pendaftar dari berbagai Universitas terkemuka di Indonesia antusias untuk bergabung dan berkarya bersama UNIFAM.

Baca juga: Menjaga Masa Depan Lewat UNIFAM Future Leaders
 
Dalam proses seleksi ini terpilih 16 orang UNIFAM Future Leaders (UFL) dari total pelamar yang mayoritas merupakan lulusan baru (fresh graduate) dari berbagai jurusan Universitas terbaik di Indonesia.
 
Lalu apa saja manfaat bagi program yang telah mengikuti program MT ini?
 
a. Mengasah kemampuan komunikasi
Seorang karyawan yang baik adalah yang memiliki kemampuan komunikasi bagus. Dengan ilmu komunikasi yang baik akan membuat poin yang disampaikan terjelaskan dengan baik tanpa ada salah persepsi, menghindari salah paham, juga konflik.
 
Mampu berkomunikasi akan mengurangi buang-buang waktu dan membantu kinerja tim berjalan tanpa gangguan. Management trainee akan memberikan pemahaman lebih baik tentang komunikasi secara efektif, termasuk saat berdiskusi dengan klien atau rekan kerja, baik lewat telepon atau surat elektronik.
 
b. Menjalin Networking
Tentunya management trainee yang bergabung dapat menambah networking sehingga akan cepat punya koneksi dengan orang orang penting yang berada dalam perusahaan. Para MT akan mendapatkan mentor dari mentor yang sudah sangat berpengalaman dari berbagai divisi hingga memudahkan suatu saat berpindah ke satu divisi yang lain.
 
c. Belajar Menjadi Pemimpin
Karena tiap MT disiapkan untuk menjadi Future Leader, maka setiap MT akan dilatih banyak keahlian, terutama skill Kepemimpinan.
 
Ini sangat krusial karena tiap MT di masa depan nanti akan ditempatkan sebagai pemimpin yang mempunyai banyak bawahan yang harus diarahkan. Seorang MT harus belajar mengenai teamwork, berpikir kritis dan kreatif serta mampu bekerja dibawah tekanan.
 
d. Belajar berkompetisi
Karena tiap peserta yang ikut program management trainee dibekali materi kepemimpinan, kompetisi antar sesama rekan kerja tak akan terhidarkan lagi. Situasi ini merupakan hal bagus untuk menjaga tingkat motivasi supaya mau kerja pintar dan kerja keras agar terpilih di antara kandidat lain.
 
e. Membentuk Karakter yang Positif
Karyawan yang hebat tidak hanya dinilai dari sisi kemampuan teknisnya saja, namun juga karakter yang dimiliki oleh peserta. Sudah pasti karakter para peserta akan berbeda-beda.
 
Program MT akan menyesuaikan berbagai karakter agar dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Selain itu, program MT juga berguna untuk peserta yang berada pada satu perusahaan namun memiliki pemahaman yang berbeda. Dengan demikian para peserta dapat menyatukan visi dan misi yang berorientasi pada target perusahaan.

Baca juga: Ciptakan Lingkungan Kerja Inspiratif, UNIFAM Raih Stellar Workplace Award
 

Bagikan Artikel