Artikel

Ikuti Tips Sehat Berpuasa agar Nyaman Lakoni Ibadah Selama Ramadan

Post pada 18 Apr 2022

Pantang makan dan minum sampai maghrib! Ini dia ibadah yang dipraktikkan umat Islam sepanjang Ramadan. Maka itu, menjaga stamina tubuh sekaligus kesehatan menjadi utama agar ibadah puasa berjalan lancar dan nyaman.

Maklumlah, tubuh yang fit menjadi kunci saat menjalankan puasa. Tubuh pasti memerlukan nutrisi tambahan agar tetap beraktivitas seperti biasa tanpa makan dan minum lebih dari 12 jam. Belum lagi rutinitas juga berubah karena bergesernya jam makan dan tidur.

Dari sini sudah kebayang bukan betapa pentingnya menjaga asupan nutrisi agar tubuh tetap prima selama puasa sebulan penuh. Ada sejumlah tips sehat berpuasa yang mudah diterapkan di bulan penuh berkah ini.

1. Usahakan jangan lewatkan sahur

Benefit dari ibadah puasa adalah mendisiplinkan jam makan. Maka itu, berdisiplinlah untuk sahur. Makan menjelang subuh akan memberi energi yang bertahan lama sepanjang hari. Oh ya jangan lupa, jagalah kebutuhan cairan menjelang imsak.

2. Berbuka dengan tenang

Rasa lapar dan haus kadang memaksa seseorang agresif menyantap makan saat berbuka. Justru ini akan mengundang masalah karena perut yang kosong akan syok begitu diisi banyak makanan. Jadi, pelan-pelan saja saat menyantap hidangan berbuka puasa.

BACA: Melatih Anak Berpuasa Sejak Dini Tak Sama Wajibkan Mereka Berpuasa

3. Tahan dulu dari makanan pedas, gorengan, dan manis

Ingat ya, bulan puasa bukan berarti tidak boleh menyantap makanan pedas, manis, atau pun gorengan. Paling ideal adalah menahan diri dulu karena puasa mengundang kadar asam tinggi di perut. Sebaiknya utamakan dulu dengan makanan berserat baru kemudian diselingi dengan makanan favorit boleh kok.

4. Jaga jarak dulu dengan minuman berkafein tinggi

Kafein yang masuk akan menyerap kalsium dalam tubuh sehingga akan membuat rasa kurang kenyang sepanjang hari. Sedangkan teh yang diminum saat sahur akan meningkatkan ekskresi haram dalam urin. Jadi paling bagus adalah minum air putih. Kalau kurang doyan, bisa kok bikin infused water dari buah yang disukai.

Bisa juga saat berbuka mengkonsumsi Pino Ice Cup  yang memiliki aneka ragam ras buah yang memberikan kesegaran dan tanpa pemanis buatan.

BACA: Sudah Kenal Tanda-tanda Stres pada Ibu? Cobalah Ngemil untuk Redakan

5. Olahraga ringan

Aktvitas fisik tetap harus lanjut selama bulan puasa. Hanya kadar dan waktunya saja yang diubah. Selama puasa, olahraga sebaiknya dilakukan menjelang berbuka.

Demikianlah sejumlah tips sehat berpuasa agar nyaman menjalankan ibadah yang diwajibkan kepada umat Islam ini. Toh, ibadah puasa bukan ritual yang bikin seseorang ‘menderita’. Terbukti secara klinis, berpuasa justru membuat tubuh makin bugar. Ayo semangat!

Jangan lupa untuk mengunjungi Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM.

Bagikan Artikel