Artikel

Enam Kebiasaan Baik yang Jadi Investasi Bentuk Kepribadian Anak

Post pada 22 Nov 2022

Menanamkan kebiasaan baik ke buah hati sebaiknya dilakukan sejak dini. Bukan sekadar teoritis saja seperti menjelaskan ini dan itu, tapi harus dipraktikkan. Ingat ya bunda, anak adalah peniru ulung.

Manfaatkan sifat peniru ulung ini dengan menunjukkan kebiasaan baik yang konsisten bunda praktikkan. Bukan sekadar sekali atau dua kali, tapi kebiasaan baik itu harus berulang-ulang terus diperlihatkan.

Kebiasaan baik apa saja yang sebaiknya mulai ditularkan ke anak? Yuk bunda, bahas bersama di bawah ini.

1. Tata krama

Maaf, tolong, dan terima kasih. Anak sebaiknya mulai dibiasakan untuk mengucapkan tiga kata itu dalam situasi tertentu. Tiga kata itu bisa menjadi indikator kesopanan dan kesantunan anak di mata orang lain. Anak akan mengenal konsep tata krama yang berlaku saat berinteraksi dengan orang lain.

2. Berlatih sebagai pendengar yang baik

Tidak semua orang dapat menjadi pendengar yang baik. Padahal keterampilan ini sangat penting dalam menjaga hubungan dengan orang lain. Ajarkan konsep menjadi pendengar yang baik merupakan cara sederhana menghargai orang lain. Selain itu, kebiasaan ini akan terlatih memperhatikan pembicaraan orang lain dan kemudian merespons saat lawan bicara selesai.

BACA: Melatih Anak Gemar Bersedekah Bagus untuk Bentuk Kepribadian

3. Hindari bicarakan kekurangan fisik seseorang

Kebiasaan baik yang wajib ditularkan bunda ke anak adalah tidak menilai orang lain dari tampilan fisik. Agar anak mudah memahami, tentu saja bunda yang harus memberi teladan. Beri pemahaman kepada si kecil bila penilaian terhadap seseorang itu berdasarkan tutur katanya, ketulusan, dan sifat baik lainnya.

4. Bangun pagi

Sejatinya, bangun pagi adalah kebiasaan yang perlu ditanam sejak dini. Bunda harus punya segudang ide untuk mengajak aktivitas sederhana kepada si kecil di pagi hari. Ide-ide aktivitas itu diperlukan agar si kecil tidak mengantuk lagi maupun enggan beranjak dari tempat tidur.

5. Menjaga kebersihan

Kebersihan sebagian dari iman! Nah, si kecil sebaiknya mulai diajari konsep kebersihan yang pada akhirnya menjadi pelindung kesehatannya sendiri. Bukan hanya kebersihan diri sendiri, tapi juga peduli terhadap kebersihan lingkungan. Dengan begitu, dia akan menjadi pribadi yang bertanggung jawab terhadap kebersihan di sekitarnya.

6. Biasakan konsumsi makanan sehat

Mengkonsumsi makanan sehat tidak terbentuk dengan sendirinya. Bunda sangat berkontribusi dalam membentuk pola hidup sehat si kecil melalui makanan sehat dan gizi yang seimbang. Termasuk di sini juga memilih cemilan atau jajanan kemasan yang cocok dengan usianya.

BACA: Yuk, Kenalan dengan Ahli Gizi dan Perannya dalam Menangani Masalah Gizi

Sebut saja di sini jajanan Pino Es Serut Buah. Produk yang nikmat dikonsumsi dalam kondisi beku ini menjadi cara asyik mengenalkan aneka rasa buah kepada si kecil. Apalagi Pino Es Serut Buah kaya akan vitamin.

Demikianlah sebagian kecil kebiasaan baik yang perlu bunda tularkan ke anak sejak kecil. Konsep-konsep kebiasaan baik akan mudah diserap anak bila bunda dan ayah mempraktikkannya dalam keseharian. Simpelnya, perilaku bunda harus pula mencerminkan kebiasaan baik sehari-hari.

Jangan lupa untuk mengunjungi Instagram PINO Indonesia, Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM.

 


 

Bagikan Artikel