Artikel

Deretan Takjil yang Goda Selera tapi Bernutrisi Setelah Dicampur Susu Kental Manis Milkita  

Post pada 23 Apr 2021

Membatalkan puasa menjadi waktu yang paling ditunggu-tunggu selama bulan Ramadhan. Bukan sekadar melepas dahaga, tapi menikmati menu berbuka puasa juga bagian dari ibadah. Alhasil, buka puasa bakal lebih istimewa dengan kehadiran sejumlah takjil buka puasa. Apalagi kalau bukan untuk menggoda menyantapnya.
 
Kira-kira apa saja pilihan takjil berbuka yang tak hanya menggoda selera tapi juga bernutrisi? Simak di bawah ini ya...
 
1. Es Buah
 

Buah-buahan memang menjadi jenis makanan yang dianjurkan untuk berbuka puasa. Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat di dalamnya memang sangat berguna untuk tubuh.
 
Di Indonesia, buah sebagai menu buka puasa dikreasikan menjadi sup buah. Aneka buah tropis yang terdiri dari melon, buah naga, anggur, apel, serta terkadang agar-agar yang telah dipotong dicampurkan dengan es batu, sirup, dan susu kental manis, memang memberikan rasa dengan sensasi yang luar biasa ketika disantap saat berbuka.
 
Tambahkan susu kental manis yang bernutrisi untuk menambah manfaatnya. Apalagi Susu Kental Manis Milkita dibuat dengan susu segar, susu kental manis Milkita berkhasiat menjaga kesehatan tulang, dan membantu penyerapan Kalsium karena memiliki kandungan Tinggi Vitamin D.
 
2. Martabak Manis
 
Martabak manis adalah salah satu camilan yang digemari oleh banyak orang. Martabak manis juga dikenal sebagai terang bulan di beberapa daerah. Selain rasanya yang lezat, cara membuat martabak manis pun mudah dan praktis. 
 
Martabak manis juga dapat diberi berbagai macam toping, mulai dari keju, meses, coklat, kacang, selai blueberry, dan lain sebagainya. Sehingga makanan manis ini pun sangat digemari oleh masyarakat.
 
Anda juga bisa mencampurkan Susu Kental Manis Milkita sebagai topping martabak.  Selain enak, milkita Kental Manis mengandung kalsium yang tinggi dan fosfor sehingga sehat juga untuk tubuh.
 
3. Es Pisang Hijau

Kudapan dari Sulawesi Selatan ini memadukan adonan manis dari tepung beras semacam bubur sumsum dan pisang berbalut tepung hijau yang legit. Biasanya dimakan dengan menambahkan es batu dan sirup cocopandan, bisa juga dengan taburan kacang tanah.
 
Pisang sendiri padat kandungan gizi. Potasium, serat, zat besi, serta beragam vitamin dan mineral lain terkandung di dalam pisang. Pisang dapat menjadi sumber energi dan antioksidan yang baik serta melancarkan pencernaan.

Baca juga: Lima Ide Aktivitas Seru untuk Anak Selama Bulan Puasa  

4. Kolak
 
Kolak yang manis sangat cocok dihidangkan sebagai takjil saat berbuka Puasa Ramadhan. Cara dan bahan membuat kolak pun sangat gampang ditemukan, dan variannya bisa macam-macam sesuai selera Anda. Dapat berisikan pisang, ubi jalar, singkong atau labu kuning berpadu dengan legitnya perpaduan santan dan gula merah.
 
Selain enak, pisang serta umbi-umbian yang kaya vitamin dan mineral berperan untuk menjaga kesehatan Anda. Sungguh nikmat, apalagi jika disantap dalam keadaan dingin.
 
5. Kurma
 
Buah ini punya banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu senyawa yang paling penting adalah tanin, sejenis antioksidan polifenol. Ini dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
 
6. Bubur Kacang Hijau
 
Bubur kacang hijau bisa dijadikan sebagai santapan alternatif untuk berbuka puasa. Selain bisa disajikan dalam keadaan hangat, bubur kacang hijau durian ini juga enak kalau disajikan dengan es. Di samping rasanya yang enak dan manis, bubur kacang hijau juga kaya akan manfaat bagi tubuh.

7. Kelapa Muda
 
Minum air kelapa saat berbuka puasa, rupanya dapat menetralkan dehidrasi setelah tubuh kurang lebih 14 jam tidak mendapatkan asupan. Selain itu, air kelapa juga mengandung cairan elektrolit yang berfungsi memulihkan energi yang hilang setelah beraktivitas di siang hari.
 
Tak hanya itu saja, saat berbuka puasa air kelapa muda rupanya menjadi minuman yang sangat mudah untuk diserap oleh tubuh. Lebih nikmat dikonsumsi jika buah kelapanya masih muda dan lembut. 
 
Baca juga: Puasa Bukan Sekadar Ibadah tapi Latih Diri Terapkan Gaya Hidup Sehat     
 

Bagikan Artikel