Artikel

Deretan Peran yang Bisa Dilakoni Bunda demi Dorong Buah Hati Berprestasi  

Post pada 28 Mar 2022

Sebentar lagi tahun ajaran baru tiba. Artinya, Bunda mulai disibukkan lagi dengan persiapan anak sekolah. Entah mulai pendanaan, cari-cari info sekolah unggul, sampai membangun kepercayaan diri buah hati.

Kerepotan itu demi semata-mata agar buah hati mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Kemudian, ada lagi harapan yang diidamkan semua orangtua yakni menyaksikan anak berprestasi.

Sisi inilah yang sering menjadi obrolan antara orang tua. Obrolan biasa selalu menyinggung prestasi masing-masing anak. Tentu saja tidak ada rumus baku melahirkan anak berprestasi di lingkungan sekolah.

Satu hal yang pasti, kunci keberhasilan anak dalam dunia pendidikan dipengaruhi peran orangtua. Bagaimana Bunda maupun Ayah memahami bakat dan minat anak sejak dini. Terlepas dari itu, bimbingan sangat diperlukan anak dalam masa pendidikan. Apa saja yang dapat dilakukan agar buah hati berprestasi? Yuk simak di bawah ini.

1. Bantu anak kembangkan softskill

Soft skill di sini dapat diartikan kemampuan anak dalam beradaptasi dengan beragam lingkungan. Ketika anak mampu menempatkan dirinya di mana pun berada, artinya dia sudah melatih soft skill dengan baik. Bagaimana pun, inti dari pendidikan di sekolah bukan cuma melatih sisi akademik saja tapi sebenarnya bersekolah adalah belajar bergaul.

BACA: Perhatikan Indera Perasa Anak Sejak Dini, Ibu akan Bahagia Kemudian

2. Gagal bukan hal yang ditakutkan

Kegagalan adalah keniscayaan. Tanamkan hal  ini ke anak. Kemudian tambahkan penjelasan bila kegagalan bukan hal yang perlu ditakutkan. Justru kegagalan merupakan proses dari suatu keberhasilan. Bila perlu, sisipkan cerita proses tokoh-tokoh besar dikenal anak yang pernah mengalami kegagalan dan kemudian mengubahnya menjadi kesuksesan.

3. Dorong anak aktif berdiskusi

Anak ceriwis menandakan si dia aktif mengajak siapapun untuk berdiskusi. Arahkan keceriwisan anak itu untuk belajar hal-hal yang baru. Ladeni keceriwisannya itu dengan ekspresi yang riang.

4. Berpartisipasi dalam kegiatan di lingkungan rumah dan sekolah

Dorong anak aktif di beragam kegiatan, baik di rumah maupun sekolah. Kegiatan ini akan menumbuhkan rasa percaya diri. Jiwa kompetitif dan rasa ingin tahu akan terus terasah secara bersamaan.

5. Ganjar dengan hadiah

Tak ada salahnya memberi ganjaran ke anak atas nama prestasi. Tak perlu muluk-muluk kok. Memberikan camilan kesukaannya juga bisa menjadi ganjaran. Misalnya memberikan Permen Super Zuper yang punya rasa khas karena memberikan efek kejut yang menyegarkan. Atau bisa pula Bunda membuatkan camilan sehat dari Susu Kental Manis Milkita.

Pendek kata, anak yang berprestasi secara langsung mensyaratkan keaktifan dan kreativitas orangtua dalam memberikan bimbingan nyata. So, yuk terus dukung si kecil berprestasi di manapun dia berada!

Jangan lupa untuk mengunjungi Tokopedia & Shopee UNIFAM untuk melihat promo terbaik.

 

 


 

Bagikan Artikel