Artikel

Deretan Ide Kreatif Pancing Aktivitas Liburan Imlek di Rumah

Post pada 19 Jan 2022

Pandemi Covid 19 masih belum jelas kapan berakhir. Apalagi akhir-akhir ini berseliweran berita varian baru bernama Omicron yang sudah masuk Indonesia. Duh, jadi bikin deg-degan lagi. Bukan itu saja, muncul kekhawatiran bakal ada kebijakan pembatasan aktivitas lagi. Sudah begitu, sebentar lagi masuk liburan imlek. 

Tak perlu was-was berlebihan bila pemerintah menerapkan lagi kebijakan pembatasan aktivitas. Tinggal pancing ide-ide kreatif yang dapat diterapkan di rumah agar hilang rasa bosan. Apa saja ide kreatif yang bisa dipilih bareng seluruh anggota keluarga di rumah? Oke, simak di bawah ini ya.

1. Berkebun yang bikin tambah wawasan

Tuh, sudah banyak yang menerapkan ide berkebun selama di rumah. Maksimalkan lahan yang ada di rumah sebagai laboratorium hidup tanaman. Bisa dengan menanam tanaman hias, sayuran, atau tanaman obat.

Aktivitas berkebun selain menyehatkan juga berperan menambah pengetahuan kepada anak-anak. Misalnya mengenal aneka jenis tanaman, cara membuat bibit unggul, kandungan gizi dalam sayuran yang ditanam, dan sebagainya. Bonusnya berkebun adalah, rumah jadi terlihat asri dan sehat!

2. Bikin audisi nyanyi kecil-kecilan

Ini aktivitas yang bikin seru satu rumah. Tak perlu modal beli gitar atau organ, cukup maksimalkan saja konten video musik di rumah. Misalnya saja mengakes Youtube atau aplikasi musik lain.

Biasanya banyak terdapat konten musik karaoke yang dapat dinyanyikan bersama. Atau bisa tambah seru lagi, bisa saja bikin kompetisi audisi musik dengan menjadikan orangtua sebagai juri atau sebaliknya.

3. Kemah enggak perlu jauh ke lokasi wisata

Belakangan ini lagi tren glamping alias menginap di tenda di lokasi wisata. Kenapa tidak diterapkan di rumah? Cukup memaksimalkan halaman rumah sebagai lokasi kemah dadakan.

Susunlah kegiatan yang seru selama kemah. Misalnya dengan bikin api unggun, memasak dengan bara api, atau bikin permainan yang melibatkan semua anggota keluarga.

4. Tak sekadar nonton film tapi latihan jadi komentator 

Nonton film tak harus mampir bioskop. Sekarang ini banyak tersedia aplikasi film streaming yang dapat dinikmati di rumah. Berikutnya, susunlah daftar film yang dapat ditonton semua anggota keluarga.

Suasana akan lebih hidup bila setelah menonton, masing-masing anggota keluarga mengomentari jalannya film. Benefitnya, bagi anak, langkah ini dapat merangsang keberanian sekaligus latihan menganalisis jalannya cerita sebuah film.

5. Ayah, ibu, dan anak bisa jadi koki

Aktivitas memasak sudah bukan lagi monopoli emak-emak. Ayah dan anak pun dapat dilibatkan dalam aktivitas seru satu ini. Mulailah dengan menyusun menu selama sepekan. Ajak anak untuk berdiskusi kira-kira menu apa yang tepat untuk disajikan di hari tertentu.

Sedangkan untuk mendapatkan bahan bakunya sendiri bukan hal sulit. Belakangan ini tersedia banyak marketplace yang menyediakan bahan baku masak yang mudah diakses melalui ponsel pintar.

6. Berfantasi target liburan begitu pandemi usai

Harus optimistis dong pandemi akan berakhir. Nah, optimisme ini mesti ditularkan ke seluruh anggota keluarga. Ajak mereka untuk merencanakan target liburan di kemudian hari. Mulai dari pemilihan lokasi sampai pembuatan itinerary agar perjalanan jadi lebih menyenangkan.

Baca juga: Meningkatkan Kandungan Kalsium Sejak Dini 

Kira-kira itu ide kreatif yang dapat dilakukan saat ini juga. Enggak perlu menunggu weekend tiba. Toh ayah dan bunda masih kena kebijakan work by remote. Mumpung pada berkumpul semua. Lagi pula semua aktivitas seru di rumah itu bakal lebih oke lagi bila menyertakan camilan macam permen Super Zuper. 

Rasa permen satu ini bakal bikin merem-melek saat menyentuh lidah. Jelas bikin sensasi karena rasanya awalnya asam tapi berakhir manis di akhir. Mirip situasi pandemi saat ini yang awalnya bikin ‘asam’ tapi tetap optimistis bakal berakhir manis.

Baca juga: Kiat Sukses Steven Erwin Jadikan Unifam Pemimpin Industri Makanan Manis Dunia    

Bagikan Artikel