Article

Daftar Minuman Kemasan di Pasaran, Mana yang Aman Dikonsumsi Anak?

Post On 19 Jul 2022

Bukan perkara sulit mendapatkan minuman kemasan. Selain harganya yang terjangkau, kemasannya pun memikat sehingga digemari anak-anak. Padahal tak semua minuman kemasan itu baik untuk kesehatan Si Kecil.

Biar nggak salah pilih, ketahui lebih dalam jenis minuman kemasan yang populer di pasaran. Dari situ, bunda akan mudah menyikapinya agar bisa menentukan apakah minuman kemasan itu cocok untuk Si Kecil atau sebaliknya.

1. Minuman bersoda

Mungkin anak sudah familiar dengan minuman ini berkat promosi yang gencar. Minuman bersoda dapat disebut minuman berkarbonasi yang terdiri dari campuran air, gula, pewarna, dan perisa yang diinjeksi CO2 bertekanan tinggi.

Kandungan gula dan karbohidrat sangat tinggi sampai 12 sendok teh. Terlalu sering dalam mengkonsumsi minuman berkarbonasi dapat berpotensi obesitas, diabetes, pengeroposan tulang dan kerusakan gigi. Maka dari itu, anak-anak tidak dianjurkan mengkonsumsinya.

2. Teh manis

Boleh dibilang, ini minuman yang paling digemari anak-anak. Selain rasa manisnya, teh manis terasa nikmat saat diminum dalam kondisi dingin. Hanya perlu diingat, minuman ini mengandung gula lima sendok teh dalam kemasan 250 ml. Padahal anak-anak dianjurkan untuk mengkonsumsi gula hanya dua sendok teh saja.

BACA: Bunda, Bantu Anak Terampil Isi Waktu Luang, Yuk!

3. Bubble drink

Minuman yang sedang hits ini berbahan baku perisa, pewarna, sirup, dan pearl bubble, minuman ini disukai banyak kalangan. Yang perlu dicermati adalah campuran dalam minumannya. Hindari anak mengkonsumsi bubble drink dengan bahan baku kopi atau teh yang dicampur sirup, perisa, atau pewarna. Sebaiknya pilihlah bubble drink yang terbuat dari buah atau susu.

4. Yoghurt

Ini minuman baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Meski begitu, tetap cermati kandungan gulanya. Sebaiknya pilihlah Yoghurt yang sesuai dengan kebutuhan anak dengan kandungan kalsium minimal 15 persen. Lebih baik lagi pilih Yoghurt tawar yang dicampur potongan buah segar sehingga nikmat dan sehat untuk dikonsumsi buah hati.

5. Minuman sari buah/jus buah

Cukup banyak minuman kemasan jus buah atau sari  buah di pasaran.  Meski begitu lebih baik pilihlah minuman kemasan rasa buah yang berbahan baku gula alami. Selain tidak menimbulkan batuk, minuman dengan gula alami lebih aman bagi anak-anak. 

Pakar Gizi Nuril Farah Dhiya menyarankan agar anak-anak minum air putih setelah mengkonsumsinya. Oh ya, jangan lupa memastikan kemasan produk masih rapi dan tidak sobek sehingga mutunya tetap terjamin.

BACA: Boleh Nggak Anakku Minum Minuman Kemasan Dingin, Ini Kata Pakar Gizi

Itulah sebagian kecil minuman kemasan yang beredar di pasaran. Jangan hanya terpukau dengan harganya yang terjangkau, tapi pastikan juga kualitas gizi dari minuman itu. Sudah pasti minuman yang mengedepankan nilai gizi dan aman dikonsumsi anak tidak akan dibanderol murahan.

Sebut saja Pino Es Serut Buah yang menawarkan ragam rasa buah yang menyegarkan bila dikonsumsi dalam kondisi dibekukan dulu. Tertarik mencicipi produk anyar PT United Family Food ini? Gampang kok, Pino Es Serut Buat sudah banyak tersedia di pasaran. Bila mau praktis, tinggal akses e-commerce!

Jangan lupa untuk mengunjungi Instagram PINO Indonesia, Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM.  

Share This Article